Terkuak! Ini Rahasia Siman Panen Medali di SEA Games 2019

Kamis, 19 Desember 2019 21:03 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Media CDM
I Gede Siman Sudartawa persembahkan medali emas SEA Games 2019 dari cabor renang. Copyright: © Media CDM
I Gede Siman Sudartawa persembahkan medali emas SEA Games 2019 dari cabor renang.

INDOSPORT.COM - Perenang andalan Indonesia, I Gede Siman Sudartawa menunjukkan penampilan luar biasa di ajang SEA Games 2019, Filipina. Siman berhasil merebut tiga medali.

Siman meraih 1 medali emas dari nomor 50 meter gaya punggung putra. Sementara medali perak diraih dari 4x100 meter gaya bebas, dan 1 medali perunggu dari gaya punggung.

Ditelisik lebih jauh, penampilan gemilang Siman tak lepas dari asupan gizi mumpuni yang memompa energinya.  Diutarakan oleh Emilia Achmad selaku dokter nutrisi khusus Siman, bahwa performa moncer atlet renang berusia 25 tahun itu tak lepas dari program kalkulasi nutrisi khusus yang telah diterapkan Ajinomoto melalui program Winning Meal sejak 2017.

"Indonesia itu kekurangan satu, yakni asupan Gizi. Kita tak pandang asupan makanan sebagai hal teknis, tapi ke emosional. Makan 3 kali sehari yang penting kenyang," buka Emilia.

"Jadi missing link di dunia olahraga Indonesia murni di asupan nutrisi. Analoginya mobil balap nggak bisa beli bensin di pinggir jalan. Siman bisa meraih emas tentu harus dengan bensin yang cocok dengan program latihan ia," tegas ia.

Sementara itu, Siman sendiri mengaku banyak mendapat perubahan sejak mengikuti pola makan ini. Baginya ia merasa lebih bugar dan semakin matang dalam setiap mengikuti perlombaan.

"Beda jauh. Sebelum program saya sudah jaga makan. Tapi belum tahu jumlah kalorinya harus berapa," ujarnya.

"Tapi setelah ada program ini, membentuk badan dan kebutuhan lainnya itu terpenuhi semua," pungkas Siman.

Sekadar informasi, dalam SEA Games 2019 sendiri Indonesia berhasil meraih gelar juara keempat dengan catatan 72 medali emas, 84 medali perak, dan 111 perunggu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%