5 Bek Sayap Sepakbola Paling Agresif (Bagian II)

Rabu, 18 Februari 2015 01:42 WIB
Editor: Ramadhan
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/GETTY IMAGES
 Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/GETTY IMAGES

Dalam sebuah tim, posisi bek baik itu center back (bek tengah) atau full back (bek sayap) mengemban tugas yang sangat berat yakni sebagai benteng kokoh untuk membendung serangan lawan sebelum menembus jala gawang kiper.

Namun, di era sepakbola modern ini, peran bek sayap tidak lagi terpaku di zona pertahanan seperti yang konsisten dilakukan oleh bek tengah. Bek sayap mulai rajin menyisir sisi sayap pertahanan lawan untuk membantu lini serang tim.

Usaha-usaha bek sayap untuk menyerang inilah akan menjadi variasi serangan bagi tim agar bisa menekan lawan dari area flank. Meski rentan dieksploitasi lawan lewat skema counter attack, bek sayap tidak akan mengalami pengurangan tugas, mereka juga pasti melakukan tracking back.

Maka dari itu, sosok pemain yang paling fit untuk mengisi area bek sayap adalah pemain yang memiliki kemampuan sprint di atas rata-rata, kemampuan bertahan yang baik tentunya, fisik prima dan skill menyerang yang baik.

Berikut INDOSPORT merangkum sederet bek sayap yang memiliki naluri menyerang sangat agresif seperti dilansir footyjokes.net

6