Bundesliga Jerman

Skuad Emas Juergen Klopp di Borussia Dortmund

Jumat, 1 Mei 2015 12:09 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor: Joko Sedayu
© GRAFIS: Muproni/INDOSPORT-GETTY IMAGES
 Copyright: © GRAFIS: Muproni/INDOSPORT-GETTY IMAGES

Borussia Dortmund pada musim 2015-16 dikabarkan akan ditangani oleh juru taktik baru, yaitu mantan pelatih FSV Mainz, Thomas Tuchel. Kedatangan pria 41 tahun ini disebut-sebut sebagai opsi menggantikan pelatih mereka saat ini, Juergen Klopp,  yang meninggalkan  klub yang ia besut sejak tahun 2008 yang lalu. 

Klopp yang semasa dirinya masih aktif bermain dengan membela dan melatih klub Mainz 05 memberikan alasan mengapa ia memutuskan hubungan dengan Dortmund, yaitu demi kebaikkan klub sendiri untuk meregenerasi di masa depan.

Pada awal kedatangannya ke tim yang bermarkas di Signal Iduna Park itu, pelatih bernama lengkap Juergen Nortbert Klopp ini diragukan oleh para fans Die Borussen. Perlahan tapi pasti, Klopp menepis keraguan para fans itu dengan melahirkan pemain-pemain bintang sekaligus mengangkat tim yang identik dengan Kuning Hitam di Bundesliga Jerman.

Sebut saja seperti Marco Reus, Matt Hummels, Mario Goetze, dan Robert Lewandowski merupakan pemain hasil polesan tangan ajaibnya. Meski dua nama terakhir telah pindah ke klub rival dan dua nama pertama juga diperkirakan akan diboyong klub lain, skuad kejayaan Klopp akan menjadi kenangan bagi tim yang bersangkutan, seperti skuad, staff pelatih, dan tentunya fans mereka.

Berikut ini INDOSPORT akan memaparkan The Best XI milik Juergen Klopp (SUA), Jumat (01/05/15).

4