Piala Dunia Wanita 2015

Beda Hadiah di Piala Dunia Wanita dan Pria

Selasa, 7 Juli 2015 07:17 WIB
Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Di final Piala Dunia 2015 yang berlangsung di Kanada, Amerika Serikat sukses membalas balas dendamnya atas Jepang. Jepang dikalahkan Amerika Serikat dengan skor telak 2-5. 

Namun meski mampu menjadi yang terbaik di sepakbola wanita, ternyata fakta miris muncul ke permukaan terkait hadiah yang mereka terima. 

Seperti dilansir pbs.org, timnas wanita Amerika Serikat hanya mengantongi 2 juta dollar sebagai juara pertama. Angka ini tidak ada setengahnya dibanding juara Piala Dunia Pria. 

Jka total hadiah yang diberikan pada Piala Dunia Pria, FIFA harus mengeluarkan 35 juta dollar sementara untuk Piala Dunia Wanita, FIFA hanya mengeluarkan 15 juta dollar. 

Salah satu penyebabnya tentu saja tidak perhatiannya FIFA terhadap sepakbola wanita. Piala Dunia Wanita kurang mendapat sorotan serta publikasi di media.  

Saat sepakbola wanita sedang mempersiapkan kompetis terakbar mereka, sejumlah pejabat FIFA justru hanya fokus pada kontroversi soal Piala Dunia 2018 pria di Rusia. Ini menjadi fakta menyedihkan untuk perkembangan sepakbola wanita.