Sepakbola dan Mariyuana: Antara Realitas dan Khayalan

Rabu, 10 Februari 2016 10:55 WIB
Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Ketika kita berpikir tentang sepakbola dan obat-obatan terlarang yang terlintas tentu hal yang menyalahi norma dan aturan. Bagaimana jika kita kaitkan pesapkbola dengan alkohol dan rokok? tentu juga hal negatif juga yang muncul. 

Lantas bagaimana jika ada yang mengatakan bahwa ada keterkaitan antara sepakbola dengan daun ganja (mariyuana)? sudah barang tentu kita akan mengeritkan dahi dan bertanya-tanya, apa hubungannya? 


Ilustrasi sepakbola dan ganja

Bicara mariyuana di Indonesia memiliki tingkat kengerian yang sama di Amerika Serikat. Pasalnya, mariyuana sama dengan kriminalitas. Namun tidak dengan sejumlah negara Eropa dan Amerika Selatan yang memiliki budaya kuat sepakbola, seperti Brasil, Belanda dan Inggris. 


Aksi fans sepakbola menuntut legalisasi ganja

Data statistik yang dilansir soccerlens pada 2012 lalu menyebutkan bahwa 20% dari 35% orang dewasa di Belanda, Inggris, Spanyol, Italia, Prancis dan Jerman menggunakan mariyuana. Sebagian besar orang-orang ini ialah pendukung klub sepakbola. 

Hingga detik ini memang tidak ada satupun pesepakbola yang berani jujur sebagai pengguna ganja. Namun jika melihat realitas gaya hidup mereka yang suka berpesta sampai pagi menjelang, "tidak mencoba-coba satu shoot ganja, apa mungkin?" Ini memang asumsi. 

Berikut INDOSPORT rangkum pertalian antara sepakbola dengan mariyuana. Apa saja itu? berikut ulasannya: 

91