Legenda Olahraga

Andi Ramang, Si Tukang Becak yang Buat Penasaran Klub Eropa (Jilid I)

Kamis, 26 Mei 2016 19:00 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Berbicara sepakbola Makassar tentu tak akan ada habisnya. salah satu kota besar di Indonesia ini memang memiliki klub sepakbola tertua di Indonesia.

Bagaimana tidak, bahkan sepakbola di ranah Makassar hadir sebelum Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945 silam. Ya, dari ranah Makassar beberapa sumber mengatakan bahwa perkumpulan sepakbola Makassar atau yang bernama Makassar Voetbal Bond (MVB) atau yang kini dikenal dengan PSM Makassar telah lahir pada tahun 1905.

Tak hanya memiliki klub sepakbola tertua, ranah Makassar ternyata juga melahirkan pesepakbola handal bagi Indonesia. Dia adalah Andi Ramang, pesepakbola ganas yang dimiliki oleh Indonesia. 

Ramang lahir di Barru Sulawesi Selatan 24 April 1924 silam. Kecintaan akan sepakbola membawa ia menjadi pesepakbola terkenal pada 1950-an. 

Tak hanya itu, dia juga dapat dikatakan pesepakbola yang membawa kesuksesan bagi Makassar. Bagaimana tidak, dirinya yang berposisi sebagai striker ini mampu membawa PSM menapaki tangga juara pada masa Perserikatan.

Tak hanya membawa sukses bagi Makassar, Ramang juga membawa kesuksesan bagi sepakbola Indonesia. Dia memberikan prestasi ke dunia luar hingga sepakbola kita dikenal oleh banyak orang lewat aksi menawannya.

Kini INDOSPORT mencoba membedah akan sisi lengkap Ramang sebagai pesepakbola handal Indonesia. Pesepakbola yang haus akan gol, dan membuat tim-tim Eropa 'mengantri' untuk menjajal kebolehan sepakbola Indonesia.

2K