Ask the Expert

Rawat Sepatu Bola bukan Hal Mudah, Ini Tips dan Trik dari Seorang Profesional

Jumat, 3 Juni 2016 11:00 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Seorang kitman profesional yang ada di klub Persib Bandung, Fikri Apriansyah menyebut bahwa sepatu yang digunakan pemain bukan perkara mudah untuk dilakukan. 

“Setiap harinya saya harus sudah siap untuk mengurus sejak jam setangah lima karena mulai latihan jam 5, itu semua sepatu udah dicuci bersih, dan siap dipakai buat latihan, gak ada tips khusus sih yang penting sepatu pemain harus dicuci bersih, jangan sampai kotor, stok sepatu untuk latihan sama main di lapanngan juga berbeda jangan sampai disamakan,” jelas Fikri Apriansyah atau biasa dipanggil Bule saat dihubungin INDOSPORT. 

Untuk latihan dan pertandingan, pemain Persib memang memiliki stok sepatu yang berbeda-beda. Menurut Bule, sudah menjadi keharusan agar sepatu yang digunakan untuk latihan dibedakan dengan sepatu untuk pertandingan sesungguhnya. Kualitas sepatu yang digunakan saat latihan pastinya berbeda dengan untuk pertandingan asli.

Menarik memang jika menelusuri lebih jauh bagaimana seorang kitman merawat sepatu sepakbola yang mereka gunakan. Berikut sejumlah tips dan trik merawat sepatu bola dari seorang profesional: 

201