Mengenal Tulehu, Surganya Bibit-bibit Pesepakbola Tanah Air

Selasa, 26 Juli 2016 16:24 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
© Grafis: Muproni/INDOSPORT-Internet
Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah. Copyright: © Grafis: Muproni/INDOSPORT-Internet
Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah.

Semua orang ketika mendengar nama Tulehu pasti tertuju pada wilayah Provinsi Maluku. Tulehu memang sebuah desa yang berada di Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah.

Tulehu memiliki keindahan alam yang sangat menawan. Ada pantai dan pegunungan yang menghiasi desa tersebut. Suasana hangat seperti bersentuhan langsung dengan alam langsung dirasakan bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Tak ayal, Tulehu sering menjadi destinasi wisatawan lokal maupun mancanegara. Para turis tersebut datang ke Tulehu dengan berbagai alasan. Ada untuk menikmati keindahan alamnya, adapun yang berkunjung hanya untuk mengetahui kehidupan di Desa Tulehu.


Keindahan alam di salah satu pelabuhan kecil Tulehu, Maluku Tengah, yang didapat dari salah satu sumber.

Selain menjadi destinasi wisata, Tulehu sangat populer terdengar di telinga para pecinta sepakbola Indonesia. Maklum saja, Tulehu merupakan surganya penghasil bibit-bibit berbakat pesepakbola Tanah Air.

Hal itu bisa dilihat dari sejumlah para pemain top Indonesia berasal dari sana. Sebut saja, Ramdani Lestaluhu, Alfin Tualasamony, Hendra Adi Bayaw, Rizky Pellu, hingga Abduh Lestaluhu. Dahulu ada nama mantan pemain Timnas Indonesia era 1980-an, Muhtadi Lestaluhu yang juga terlahir dari sana.

Mereka memang lahir di kehidupan di Tulehu yang tidak terlepas dari sepakbola. Mereka ketika kecil sama seperti anak-anak lelaki Tulehu saat ini yang riang bermain bola. Seakan meluapkan kegembirannya hanya dengan sepakbola. Pagi hingga sore anak-anak Tulehu pasti ada aja yang bermain mengolah si kulit bundar.

Selain para pemain di atas, masih banyak para pemain yang top Indonesia lainnya yang lahir di tanah Tulehu. Sebuah desa dengan keindahan alam penghasil bibit sepakbola Tanah Air.

Untuk itu, INDOSPORT memberikan gambaran singkat soal kisah Desa Tulehu. Berikut ulasannya:

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%