Pertandingan Klasik

Piala Dunia 1966, Ketika Bobby Charlton Pecahkan Tangis Eusebio

Selasa, 26 Juli 2016 16:00 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
 Copyright:

Pada 26 Juli 1966, laga yang sebelumnya dijadwalkan bakal digelar di Stadion Goodison Park, Liverpool pun digeser ke Stadion Wembley, London, lantaran kapasitas Wembley lebih mampu untuk memenuhi tingginya animo masyarakat Inggris untuk menonton pertandingan.

Benar saja, Stadion Wembley sebagai stadion sepakbola terbesar di Inggris saat itu akhirnya disesaki oleh lebih dari 94.000 pasang mata yang ingin menyaksikan sebuah laga bersejarah, semifinal Piala Dunia 1966 antara tuan rumah Inggris menghadapi Portugal.

Entah berapa keuntungan yang berhasil diraup panitia pertandingan saat itu, yang jelas jumlah penonton yang hadir saat itu berkontribusi atas pemecahan rekor rata-rata penonton Piala Dunia terbanyak yang bertahan selama 28 tahun sebelum dipecahkan oleh Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat.

Laga Inggris melawan Portugal memang merupakan salah satu laga yang paling dinanti oleh jutaan pecinta sepakbola saat itu. Pasalnya, Portugal saat itu dipenggawai oleh salah seorang bintang terbesar turnamen Eusebio, yang saat itu tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu pertandingan.

Di sisi lain, tuan rumah Inggris juga bermaterikan sejumlah pemain bintang yang tak kalah bersinar dalam turnamen sepakbola empat tahunan terakbar sejagat tersebut. Sebut saja, Gordon Banks, Bobby Moore, Bobby Charlton, dan Geoff Hurst.

289