Pertandingan Klasik

Ketika Klub Antah-berantah Rusia Hancurkan Man United di Piala UEFA 1992/93

Selasa, 27 September 2016 15:59 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

Musim 1991/92, Manchester United (MU) berhasil finis di peringkat kedua klasemen akhir Liga Primer Inggris. Klub berjuluk The Red Devils tersebut kalah bersaing dengan sang juara Leeds United.

Meski begitu, Man United menorehkan kisah manis dengan merebut gelar juara Piala Liga Inggris pada tahun 1992. Ketika itu, MU mengalahkan Nottingham Forest dengan skor 1-0 dalam laga final yang berlangsung di Wembley Stadium.

Juara Piala Liga Inggris menjadi modal berharga MU dalam memulai persaingannya di Piala UEFA musim 1992/93. Man United berhak berlaga di Piala UEFA usai finis di posisi kedua Liga Primer Inggris musim sebelumnya.


Skuat Manchester United di musim 1992/93.

Man United akhirnya harus berhadapan dengan klub asal Liga Primer Rusia, FC Torpedo Moskow, dalam laga babak pertama Piala UEFA 1992/93. Torpedo Moskow sendiri berhasil berlaga di Piala UEFA usai finis di posisi ketiga Liga Primer Rusia 1991/92.

Di atas kertas, MU diprediksi bakal mengalahkan Torpedo Moskow. Bahkan, anak-anak asuhan Sir Alex Ferguson bisa menghancurkan klub berjuluk The Black and White dengan skor telak.

Maklum saja, MU memiliki skuat yang lebih mumpuni ketimbang Torpedo Moskow. Nama-nama macam Peter Schmeichel, Ryan Giggs, Mark Hughes, Bryan Robson, David Beckham, Micky Butt, Paul Ince, Garry Neville, dan Steve Bruce adalah pesepakbola top dunia ketika itu yang menghuni skuat Man United.

Namun, para pemain tersebut tak mampu berkutik ketika menghadapi Torpedo Moskow di leg pertama babak perdana Piala UEFA 1992/93 yang berlangsung di Spartak Stadium, Moskow, 16 September 1992. Man United ditahan imbang tanpa gol oleh Terpedo Moskow.

Akan tetapi, banyak kalangan pecinta sepakbola dunia memprediksi MU bakal mengalahkan Torpedo Moskow di leg kedua yang berlangsung di Old Trafford, 29 September 1992.

Sayang, prediksi itu patah di tangan Torpedo Moskow. The Black dan White mampu menghancurkan MU di kandangnya sendiri. MU pun harus tersingkir dari Piala UEFA 1992/93.

Pertandingan berjalan ketat kala itu. Bagaimana hasilnya?. Berikut kisah nostalgia pertandingan klasik Manchester United vs Torpedo Moskow dalam laga kedua Piala UEFA 1992/93 di Old Trafford, yang telah dikemas oleh INDOSPORT:

465