6 Pesepakbola Indonesia yang 'Hilang' Usai Timba Ilmu di Luar Negeri

Jumat, 28 Oktober 2016 10:49 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ramadhan
 Copyright:
Arthur Irawan

Arthur lahir di ibu kota Jawa Timur, Surabaya. Masa kecilnya sama dengan kebanyakan anak laki-laki lain yakni diisi dengan bermain bola sampai ketika ia berada di Jakarta.

Sempat mendapat tawaran dari klub besar Eropa di usia belia yaitu 8 tahun, keluarga lebih memilih untuk mengedepankan pendidikan bagi Arthur.

Sebelum akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Espanyol B. Dirinya juga sempat mendapatkan trial di Manchester United bersama pemain muda lainnya yang telah masuk ke tim utama United saat ini seperti, Tyler Blackett, James Wilson, dan Paddy McNair.

Tetapi, karena terkendala permasalahan izin kerja, Arthur tidak bisa mengikuti jejak rekan-rekannya tersebut untuk menembus tim utama The Red Devils.


Arthur Irawan saat masih berseragam Espanyol B

Arthur kemudian mendapatkan tawaran dari Espanyol B untuk menimba ilmu. Dirinya sempat membela Malaga B pada 2014 lalu. Selanjutnya klub Belgia, Waasland-Beveren menjadi pelabuhan berikutnya.

Bermain di Belgian Pro-League, harapan Arthur untuk tampil bersama tim senior tercapai ketika menghadapi KV Mechelen, sayang Waasland harus takluk 1-2.

Akan tetapi, Arthur kemudian harus menepi sampai saat ini lantaran masih berjuang setelah mengalami cedera dan dioperasi pada Maret 2016 ini.

Kini pemain berusia 24 tahun tersebut sering terlihat mengikuti latihan bersama Persija Jakarta. Ia dikabarkan saat ini bersatatus free transfer, namun Arthur mengklaim sering mendapat atwaran dari klub Indonesia maupun luar negeri tetapi belum ada satu pun diambilnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
20%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
2%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
11%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
15%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
4%
IDS Emoticon Takut
Takut
11%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
22%
IDS Emoticon Marah
Marah
15%