Liga Primer Inggris

Van Dijk, Lindelof atau Fonte, Siapa Paling Pantas Jadi Palang Pintu Man United?

Kamis, 12 Januari 2017 19:28 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© gregah/indosport
Fonte, Lindelof, dan van Dijk menjadi incaran Manchester United. Copyright: © gregah/indosport
Fonte, Lindelof, dan van Dijk menjadi incaran Manchester United.

Manchester United nampaknya masih belum puas dengan performa pemain-pemain bertahannya di paruh pertama musim 2016/17. Padahal Jose Mourinho sudah mendapatkan Eric Bailly dari Villarreal musim panas kemarin.

Sebenarnya Bailly sudah memperlihatkan performa yang impresif sepanjang musim ini, tapi yang ia butuhkan sekarang adalah partner yang cocok temani dia di lini belakang. Mourinho memiliki Chris Smalling yang kualitasnya lumayan baik, namun sayang, kualitasnya yang tak berimbang dengan Bailly membuat bek Inggris itu selalu diincar oleh pemain lawan.


Blind (kanan) dan Smalling (kiri) pilihan terbaik di lini belakang, tapi masih kurang baik sebagai partner Bailly.

Beberapa kali Setan Merah juga mem-plot Daley Blind sebagai bek tengah. Di sejumlah laga, ia sanggup tunjukkan permainan apik, tapi seringkali bek asal Belanda itu justru menjadi titik lemah karena reflek serta instingnya yang buruk membuat lawan dengan mudah mengeksploitasinya.

Selain dua nama tersebut, masih ada Marcos Rojo dan Phil Jones. Keduanya bukannya buruk, tapi rentannya Rojo dan Jones terhadap cedera membuat manajemen tim lebih sering berharap mereka tidak mengalami cedera ketimbang hasil tim.

Rojo misalnya, berhadapan dengan Reading di lanjutan Piala FA beberapa waktu lalu, harus meninggalkan lapangan akibat cedera. Ini bisa berbahaya karena Bailly masih dalam tahap adaptasi di sepakbola Inggris dan butuh partner yang konsisten di lini belakang.

Ini berarti Setan Merah masih membutuhkan satu sosok bek lagi yang paling cocok sebagai pendamping Bailly di lini belakang. Beruntung mereka tengah diisukan dengan tiga bek, yakni Virgil van Dijk, Victor Lindelof, dan Jose Fonte.

Namun, siapa lebih baik?

1.1K