Mengenal Spidercam, Menyulap Tayangan Sepakbola Jadi Lebih Indah

Jumat, 13 Januari 2017 11:22 WIB
Penulis: Arie Kusnandar | Editor: Joko Sedayu
© spidercam.tv
Spidercam Copyright: © spidercam.tv
Spidercam

Sepakbola menjadi salah satu olahraga yang paling populer di dunia. Dan hingga saat ini, benua Eropa menjadi pusat kemajuan sepakbola yang memiliki banyak penggemar di seluruh penjuru dunia.

Popularitas sepakbola Eropa semakin mewabah dengan meningkatnya teknologi penyiaraan. Bahkan, kini seluruh fans sepakbola benua biru bisa menikmati pertandingan klub sekaliber Real Madrid atau Manchester United secara langsung.

Namun, kemajuan teknologi ternyata menuntut hadirnya kualitas penyiaran yang lebih baik lagi untuk kenyamanan penggemar. Maklum, untuk bisa menyaksikan pertandingan-pertandingan sepakbola mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.


Spidercam digunakan di Allianz Arena pada final Liga Champions musim 2011/12.

Seperti diketahui, sejak awal tahun 2000an saja misalnya, siaran pertandingan sepakbola di seluruh dunia masih didominasi dengan pemandangan dari kamera master atau kamera pusat yang statis. Walaupun terdapat beberapa kamera di posisi lain, namun hal tersebut tidak menghilangkan kesan kaku dan membosankan.

Setidaknya terdapat 11 kamera yang digunakan untuk merekam dan menyiarkan sebuah pertandingan sepakbola. Terdapat 1 kamera jimmy jib di belakang setiap gawang, 1 kamera di setiap sudut lapangan, serta 3 kamera di tribun utama, yang berada di sisi kiri, kanan, dan tengah. Lalu, biasanya ada 2 kameramen di pinggir lapangan yang bertugas merekam bangku cadangan.

Karena hanya ada kamera yang bergerak dari pinggir lapangan, perlahan membuat siaran sepakbola terkesan kaku. Selain gambar jernih, salah satu untuk memenuhi kualitas siaran sepakbola menggunakan kamera laba-laba, yang diperkenalkan oleh brand Spidercam.

Hingga tahun 2011 kamera ini sudah pernah digunakan di beberapa pertandingan penting namun penyebarannya terkesan lamban dan belum diaplikasikan di semua kompetisi top Eropa. Penasaran dengan Spidercam, berikut ulasan INDOSPORT.

1.1K