On This Day: Kelahiran Victor Valdes, Pemain yang Sempat Benci Jadi Kiper

Sabtu, 14 Januari 2017 12:56 WIB
Penulis: Cosmas Bayu Agung Sadhewo | Editor: Joko Sedayu
 Copyright:

Siapa yang tak kenal Victor Valdes? Dimulai dari kiprahnya sebagai palang pintu utama La Blaugrana, hingga menjadi pemain buangan yang sekarang terdampar di Riverside Stadium, markas Middlesbrough.

Para pecinta sepakbola, pastinya, kebanyakan mengenal dia karena blunder-blundernya saat masih bermain di Camp Nou, dibandingkan penyelamatannya.

Kariernya sebagai seorang penjaga gawang tim sekaliber Barcelona membuat dirinya menerima banyak tekanan dari para Cules, untuk menahan gempuran dari para musuh. Mungkin itu yang membuatnya banyak melakukan blunder karena berbagai tekanan yang diterimanya.

Walau banyaknya blunder yang telah dibuatnya, dirinya tetap menjadi pemain legenda dari tim asal Catalunya tersebut. Hal ini terlihat dari apa yang diraihnya bersama Barcelona selama 12 tahun lamanya, ditambah dirinya juga menjadi bagian dari skuat treble winner Pep Guardiola pada musim 2008/09.

Valdes melakukan debut seniornya di Camp Nou bersama Barcelona pada laga kualifikasi Liga Champions melawan Legia Warszawa, 14 Agustus 2002. Debut Valdes tersebut dibarengi dengan cleansheet pertamanya dengan kemenangan 3-0, di umurnya yang baru menginjak 20 tahun,

Raihan cleansheet perdananya tersebut membuat Louis van Gaal memainkannya kembali 2 minggu kemudian, saat Barcelona berhadapan dengan Atletico Madrid di La Liga Spanyol. Namun sayang, dirinya harus kebobolan 2 gol setelah Barcelona ditahan imbang 2-2 di Camp Nou.

Namun siapa sangka, Valdes yang sejak 2002 sudah berkecimpung di bawah mistar gawang, ternyata pernah membenci posisinya yang sekarang ini menghidupi diri serta keluarganya. Berikut INDOSPORT rangkum kenapa Valdes sempat membenci posisinya tersebut.

431