(VIDEO) Wacanakan Ganti Aturan Penalti dan Coret Off Side, FIFA Ingin Sepakbola Lebih Meriah

Kamis, 19 Januari 2017 14:03 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
 Copyright:

Marco van Basten mulai memikirkan bagaimana cara agar sepakbola tampil dengan wajah yang lebih segar. Van Basten akan mengubah sejumlah aturan dasar dalam sepakbola.

Salah satunya adalah aturan soal tendangan penalti yang akan diubah. FIFA akan merevisi cara penalti dengan sedikit sentuhan lama.

Jika biasanya dilakukan di titik putih yang berjarak 11 meter dari gawang, nantinya pemain diperbolehkan untuk menggiring bola terlebih dahulu dari jarak 35 meter. Namun, pemain hanya diberikan waktu 8 detik untuk menggiring sampai melakukan eksekusi.

"Hal ini membutuhkan lebih banyak skil dibanding keberuntungan. Ini juga akan lebih spektakuler," ujar Van Basten seperti dikutip dari Independent.

Demikian pula dengan aturan soal off side yang siap ditiadakan di masa depan. Van Basten tengah mengkaji bagaimana sepakbola tanpa off side nantinya.

Aturan in dinilai akan membuat sebuah pertandingan lebih enak ditonton karena setiap tim akan mudah membuat gol. Legenda AC Milan dan Belanda ini mengaku bahwa selama ini lebih sulit melihat gol dalam sebuah pertandingan lantaran banyaknya aturan.

"Kami mencoba memperbaiki pertandingan, untuk membawa setiap pertandingan berkembang menuju arah yang baik," tutur Van Basten.

Namun demikian, Van Basten masih terus melakukan kajian dengan menemui sejumlah pelaku sepakbola di seluruh dunia. Nantinya, Van Basten akan melaporkan hasilnya kepada FIFA dan Badan Sepakbola Internasional (IFAB) sebelum mendapatkan perubahan regulasi yang diinginkan.

1.7K