On This Day: Lahirnya Legenda Setan Merah, Gary Neville

Sabtu, 18 Februari 2017 16:06 WIB
Penulis: Arie Kusnandar | Editor: Yohanes Ishak
© football-wallpapers
Gary Neville. Copyright: © football-wallpapers
Gary Neville.

Pada tanggal 18 Februari 1975 di Bury, kota Manchester lahirlah seorang legenda yang setia membela panji Man United. Dia adalah Gary Neville. Pria bernama lengkap Gary Alexander Neville ini telah membela Setan Merah ketika ia masih remaja.

Saudara kandung dari Phil Neville ini bermain bersama tim junior Manchester United. Neville muda mengawali karier sepakbolanya dengan berposisi sebagai bek kanan, sebuah posisi yang tidak pernah ia tinggalkan sampai akhir kariernya.

Pria yang kini genap berusia 42 tahun ini memang sudah tidak aktif lagi sebagai seorang pemain di Setan Merah, namun ia sangat berjasa dalam pencapaian Man United sebagai penguasa Inggris kala itu.

Ia juga menjadi salah satu pemain yang paling loyal dan betah bermukim di Old Trafford. Maklum saja, pasalnya Neville merupakan putra daerah dan pemuda asli kota Manchester yang menganggap sepakbola adalah sebuah kebudayaan.


Neville yang sangat loyal di skuat Setan Merah.

Loyalitasnya di Manchester United mendapat ganjaran yang setimpal, pasalnya Neville tercatat sudah lima tahun dipercaya menjadi kapten tim dan posisinya sebagai bek kanan pun tak tergantikan, meski banyak pemain yang keluar masuk pintu Old Trafford.

Bukan hanya itu, bersama dengan sahabatnya, Ryan Giggs. Neville juga menjadi salah satu pemain yang paling lama mengabdi pada panji The Red Devils.

Kecemerlangannya bersama tim asal Manchester Merah tersebut juga membawanya ke Tim Nasional Inggris. Neville memulai debut Internasionalnya bersama dengan Inggris pada 3 Juni 1995 silam. Kala itu, Neville berhasil mempersembahkan kemenangan bagi The Three Lions pada laga persahabatan melawan Timnas Jepang dengan skor 2-1.

Setelah itu, Pria yang identik dengan nomor punggung 2 ini lantas menjadi langganan Timnas Inggris. Hingga pada tahun 2010, namanya tidak terlihat lagi di skuat Inggris dan digantikan oleh muka-muka baru di posisi bek kanan.

Berikut ini INDOSPORT mengupas profil dari pria yang kini telah berusia 42 tahun tersebut:

1.5K