Bundesliga Jerman

Satu Musim Sudah Cukup buat Xabi Alonso Cinta Mati pada Liverpool

Sabtu, 11 Maret 2017 10:26 WIB
Editor: Rendy Gusti
© AS
Xabi Alonso menyatakan pensiun di akhir musim 2016/17. Copyright: © AS
Xabi Alonso menyatakan pensiun di akhir musim 2016/17.

Gelandang Bayern Munchen, Xabi Alonso mengenang masa-masanya bersama klub yang melambungkan namanya, Liverpool setelah menyatakan pensiun di akhir musim ini. Sebelum bergabung bersama The Reds di tahun 2004 silam, Alonso saat itu masih berseragam Real Sociedad dan berkarier di Spanyol.

Pesepakbola 35 tahun tersebut juga mengutarakan terima kasihnya kepada klub asal Merseyside itu, yang disebutnya memiliki tempat spesial di hatinya. Satu musim saja sudah cukup buat Alonso jatuh cinta pada Liverpool.

"Waktu-waktu saya di Inggris terasa sangat spesial. Saat itu saya masih berumur 22 tahun, dan kala itu menjadi pengalaman pertama saya tinggal sendirian di luar sana yang bukanlah kampung halaman saya," ujar mantan pemain Real Madrid tersebut, dikutip dari Sportsmole.

Xabi Alonso ketika membantu Liverpool menjuarai Liga Champions musim 2004/05.

"Di tahun pertama saya bersama Liverpool, saya menyadari betapa spesialnya klub tersebut. Dengan segala sejarah dan tradisi yang mereka miliki, Anda bisa langsung tahu bahwa mereka adalah klub yang sangat besar," ungkap pesepakbola kelahiran 25 November 1981 itu.

Bersama Liverpool, Xabi Alonso sudah menjalani 5 musim dan ikut berkontribusi dalam 210 pertandingan dengan mencetak 18 gol dan 9 assists. Ia menjadi salah satu aktor dibalik kemenangan Liverpool atas AC Milan pada final Liga Champions 2005 lalu di Istanbul, Turki.