On This Day

Liverpool, dari Konflik Internal hingga Kekeliruan Dunia

Rabu, 15 Maret 2017 15:37 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Christopher Furlong/Getty Images
Logo burung Liverpool di gerbang pintu Anfield. Copyright: © Christopher Furlong/Getty Images
Logo burung Liverpool di gerbang pintu Anfield.

Para pemerhati sepakbola, terutama penggemar klub Liverpool, meyakini hari ini adalah hari jadi klub kesayangan mereka itu. Bahkan, situs transfermarkt juga menganggap tanggal 15 Maret merupakan hari jadi klub kedua tersukses di Inggris tersebut.

Namun kenyataannya, tanggal 15 Maret bukanlah hari lahir klub sepakbola yang kini bernama Liverpool itu. 125 tahun yang lalu, tanggal 15 Maret merupakan puncak dari konflik yang terjadi di dalam tubuh Everton, sebuah tim sepakbola pertama di kota Merseyside, Inggris.

Bermula saat salah satu jajaran direksi Everton kala itu, John Houlding, membeli Anfield Ground dari rekannya John Orrell. Pembelian tersebut terjadi lantaran sang pemilik lapangan merasa muak akan kebisingan yang terjadi setiap kali Everton melakukan pertandingan.

Uniknya, walau bermain di tempatnya sendiri, Houlding tetap menarik biaya sewa untuk Everton per tahunnya. Hal ini yang kemudian membuat manajemen internal Everton berkecamuk dan memanas.

Ketika memasuki tahun 1891, Everton yang kala itu menjuarai Liga Inggris, diharuskan membayar sewa Anfield dengan harga yang sangat mahal. Hal ini dikarenakan otak Houlding yang merupakan pebisnis, ingin terkena imbas dari kucuran dana yang melimpas kepada sang juara liga.

Skuat Everton yang menjuarai Liga Inggris.

Puncaknya terjadi pada tahun 15 Maret 1892. Dua tahun Everton harus selalu membayar uang sewa kepada Houlding, membuat para manajemen Everton muak, dan membuat Houlding angkat kaki dari jajaran direksi Everton, dan membuat klub saingan bernama Everton Athletic.

Nama Everton Athletic tak lama berubah menjadi Liverpool Football Club, lantaran mendapatkan penolakan dari Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) kala itu. Pasalnya, selain nama Everton Athletic yang mirip dengan Everton, Houlding juga ingin mengambil alih peralatan latihan, para ofisial, serta para pemain Everton.

Liverpool FC akhirnya diakui oleh FA pada tanggal 3 Juni 1892, yang mana juga diakui sebagai hari lahir resmi oleh pihak Liverpool. Pada tanggal yang sama, Liverpool mengikuti kompetisi Liga Inggris untuk kali pertama, dengan menggunakan Anfield sebagai stadion utama mereka.

Skuat pertama Liverpool di bawah kepemimpinan John Houlding.

“Banyak orang mengira tanggal 15 Maret adalah hari lahir Liverpool FC. Padahal, itu bukanlah hari lahir Liverpool. 15 Maret adalah salah satu hari yang penting untuk Liverpool,” ucap Stephen Done dikutip halaman resmi klub.

“15 Maret kala itu terjadi sebuah rapat umum di tubuh Everton, di mana salah satu direktur Everton yang bernama George Mahon menjadi presiden baru klub, menggantikan John Houlding yang dinilai kurang tepat menjalankan klub,” tambahnya.

Sertifikat Liverpool yang diberikan oleh FA.

“Hingga akhirnya pada tanggal 3 Juni 1892, Houlding beserta para direksi yang ia pilih mendapatkan sertifikat pengakuan dari FA. Sejak saat itu, Liverpool resmi bernaung di bawah FA dan mengikuti kompetisi Liga,” tutupnya.

Hingga perkembangannya kini, Liverpool dinilai lebih sukses dibandingkan dengan tetangganya tersebut. Dilihat dari segi prestasi hingga jumlah para penggemarnya di seluruh dunia, The Reds dinilai menjadi yang terbaik.

The Anfield Gank sendiri menjadi klub Inggris terbaik di kancah Eropa dengan menjuarai Liga Champions sebanyak lima kali, sebuah gelar yang bahkan Everton sekalipun tidak pernah memenangkannya.