Profil Tim Liga 1

Madura United FC: Kejutan dan Pembunuh Tim Besar

Sabtu, 8 April 2017 09:07 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
© Grafis: Yuhariyanto/foto: maduracorner.com
Skuat Madura United. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/foto: maduracorner.com
Skuat Madura United.

Profil Tim:

Nama Madura United FC terbilang baru di kancah sepakbola nasional. Madura United baru merayakan hari jadinya yang pertama pada awal tahun ini.

Dalam sejarahnya, tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab itu adalah klub atas bentukan akuisisi Persipasi Bandung Raya pada awal tahun 2016 lalu. Achsanul Qosasi menjadi aktor utama pembentukan Madura United.

Meski terbilang baru, Madura United tidak bisa dipandang sebelah mata. Laskar Sapeh Kerrab menjadi tim yang menakutkan dan penuh kejutan di antara pada klub-klub langganan prestasi di kancah sepakbola nasional.

© Prima Pribadi/Indosport
Skuat Madura United. Copyright: Prima Pribadi/IndosportSkuat sementara Madura United FC.

Buktinya, Madura United berhasil finis di urutan ketiga klasemen akhir Torabika Soccer Championship (TSC) 2016. Andai saja tidak terpeleset di beberapa pekan terakhir, kemungkinan Madura United bisa merengkuh gelar juara TSC 2016 yang akhirnya dimenangkan Persipura Jayapura.

Tak hanya itu, Madura United kembali membuktikan kapasitasnya di Piala Presiden 2017. Laskar Sapeh Kerrab hanya kurang beruntung usai disingkirkan Pusamania Borneo FC (PBFC) di babak 8 besar melalui drama adu tendangan penalti.

Kini, Madura United menatap Liga 1 dengan penuh rasa optimistis dan serius. Madura United mulai melengkapi skuatnya di bawah asuhan Gomes de Oliveira. Salah satunya dengan mendatangkan mantan penyerang Stoke City, Peter Osaze Odemwingie.

Skuat menterang ditambah performa apik dalam laga uji coba menjadi modal berharga Madura United di Liga 1. Seperti diketahui, Bayu Gatra dkk berhasil menjadi juara turnamen Magelang Cup 2017 dengan torehan 14 gol dan kemasukan satu gol.

Dari segi permainan, Madura United memiliki tipe bermain cepat, penuh determinasi, dan memainkan tempo tinggi.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Achsanul Qosasi (kanan) saat memantau briefing tim Madura United. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTMadura United FC di Piala Presiden 2017.

Pemain Masuk: Peter Osaze Odemwingie (bebas transfer), Fachrudin Aryanto (Sriwijaya FC), Redouane Zerzouri (PSCS Cilacap), Andik Rendika Rama (Persija Jakarta), Fandi Eko Utomo (Bhayangkara FC), Sadli (PBFC), Muslim Habibi (Persija Jakarta).

Pemain Keluar: Luis Junior (Persija Jakarta), Jeki Arisandi (Persegres Gresik United).

Skuat Sementara:

Kiper: Angga Saputra, Joko Ribowo, Hery Prasetyo.

Belakang: Guntur Ariyadi, Eriyanto, Fabiano Beltrame, Munhar, Rendika Rama, Rendy Siregar, Fachrudin Aryanto.

Tengah: Asep Berlian, Slamet Nurcahyono, Rifad Marasabessy, Dane Milovanovic, Rizky Dwi Febriyanto, Fandi Eko Utomo, Tanjung Sugiarto, Redouane Zerzouri, Muslim Habibi, Sadli.

Depan: Engelbert Sani, Bayu Gatra, Greg Nwokolo, Elthon Maran, Guy Junior, Fredy Isir
Peter Odemwingie.
 
Pelatih: Gomes de Oliveira

© Grafis: Yuhariyanto/foto: GTS
Gomes de Oliveira (Madura United). Copyright: Grafis: Yuhariyanto/foto: GTSPelatih Madura United FC, Gomes de Oliveira.

Gomes de Oliveira bukanlah sosok baru di sepakbola Indonesia. Pria asal Brasil kelahiran 1 Desember 1962 ini diketahui pernah melatih beberapa klub nasional seperti Persela Lamongan, Persiram Raja Ampat, Persiwa Wamena, hingga Persebaya U-21. Dengan berbekal materi pemain cukup mumpuni serta pengalamannya menangani beberapa klub Indonesia, tampaknya membuat Gomes tidak butuh waktu lama untuk membentuk Madura United sebagai tim yang tangguh.

Ini dibuktikannya dengan rentetan hasil positif bersama Madura United dengan raihan runner up Piala Gubernur Kalimantan Timur 2016, dan tempat ketiga klasemen akhir Torabika Soccer Champhionship (TSC) 2016. Sebagai tim yang baru terbentuk, Gomes dinilai bisa membawa Madura United tim yang bisa bersaing dan disegani oleh klub-klub lain.

Situasi manajamen yang 'sehat' di internal tim, juga bisa membantu Gomes dan para pemainnya menyelesaikan tanggung jawab mereka dengan sebaik-baiknya.

Pemain Andalan: Peter Odemwingie

© Grafis: Yuhariyanto/foto: Juara.net
Peter Osaze Odemwingie (Madura United). Copyright: Grafis: Yuhariyanto/foto: Juara.netPemain andalan Madura United FC, Peter Osaze Odemwingie.

Peter Odemwingie bakal menjadi andalan Madura United di Liga 1. Kemampuannya sebagai mantan pemain yang berkiprah di Liga Primer Inggris dan Piala Dunia sudah tidak perlu diragukan lagi.

Pengalaman Odemwingie yang mencicipi pertandingan penting kelas dunia, bakal menjadi modal berharganya saat membela Madura United. Ia diprediksi bakal menjadi pemain lini depan yang menakutkan bagi lawan-lawan Madura United di Liga 1.

Prediksi:

Madura United diprediksi dapat bersaing di Liga 1. Laskar Sapeh Kerrab menjadi masih dinilai bakal memberikan kejutan. Bahkan, Madura United dapat menyulitkan tim-tim besar.

Bukan tidak mungkin Madura United bakal menjadi juara Liga 1. Namun, semua itu bisa dilakukan jika tim Laskar Sapeh Kerrab konsisten menerapkan permainan di Liga 1.

Penulis: Herry Ibrahim

429