Persiapan Timnas U-19 Hadapi Brasil di Turnamen Tingkat Dunia

Senin, 24 April 2017 19:52 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Tengku Sufiyanto
© Muhammad Adi Yaksa/Indosport
Latihan Timnas Indonesia U-19. Copyright: © Muhammad Adi Yaksa/Indosport
Latihan Timnas Indonesia U-19.

Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 akan mengikuti turnamen bergengsi tingkat dunia yang diadakan di Prancis, 29 Mei-10 Juni 2017. Turnamen tersebut bertajuk Toulon Tournament 2017. Skuat Garuda Muda tergabung di Grup C bersama Brasil, Republik Ceko, dan Skotlandia.

Timnas U-19 akan menghadapi Brasil terlebih dahulu di Stade d'Honneur, 31 Mei mendatang. Setelah itu, Timnas U-19 akan menghadapi Republik Ceko di Stade Parsemain, tiga hari berselang. Lalu Timnas U-19 bakal menantang Skotlandia di Stade Ladoumegue, 6 Juni mendatang.

© Muhammad Adi Yaksa/Indosport
Timnas U-19 Copyright: Muhammad Adi Yaksa/IndosportTimnas Indonesia U-19.

Asisten pelatih Timnas U-19, Miftahudin mengungkapkan, jika anak asuhnya tak merasa tertekan meski bakal menghadapi Brasil di pertandingan perdana. Ia membeberkan, jika para pemain Timnas U-19 dalam kondisi siap menghadapi Tim Samba.

"Bagi kami lawan siapapun tidak perlu ditakutkan, yang penting kami mempersiapkan diri dan menganalisa calon lawan dari video yang kami pelajari. Video tentang pertandingan mereka seputar kelebihan dan kekurangan. Makanya kami setting metode-metode latihan untuk menghadapi itu," ujar pria yang juga mantan pelatih PS TNI U-21 tersebut.

"Kalau terkejut (berhadapan dengan Brasil) pemain tidak, sebagian besar dari mereka punya pengalaman main di luar negeri. Hanya beberapa saja yang belum. Artinya mereka punya kesiapan mental, tinggal taktikal dan fisik saja yang harus ditingkatkan," tambahnya.

© Herry Ibrahim/Indosport
Sejumlah pemain Timnas U-19 melakukan internal game di Lapangan Sutresna, Cijantung. Copyright: Herry Ibrahim/IndosportLatihan Timnas Indonesia U-19.

Toulon Tournament merupakan turnamen bergengsi tingkat dunia yang melibatkan timnas U-21 di setiap negara peserta. Turnamen tersebut akan menjadi persiapan Timnas U-19 menghadapi kualifikasi Piala Asia U-19 dan Piala AFF U-19 2017.

Selain Timnas U-19, Toulon Tournament 2017 juga diikuti 11 negara. Turnamen edisi ke-45 ini diikuti Brasil, Inggris, Prancis, Republik Ceko, Pantai Gading, Jepang, Angola, Bahrain, Kuba, Wales, dan Pantai Gading.

Jika mampu lolos dengan status juara grup atau peringkat dua terbaik dari tiga grup yang ada, Timnas U-19 Indonesia akan memastikan satu tiket di babak semifinal yang digelar di Stadion Parsemain, 8 Juni mendatang. Babak final dan perebutan tempat ketiga diselenggarakan di Stade de Lattre, Aubagne, dua hari berselang.