Penjelasan PSSI soal Dana dan Rencana untuk Timnas Indonesia

Selasa, 25 April 2017 22:11 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Tengku Sufiyanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-22 saat beruji coba dengan Persita Tangerang. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-22 saat beruji coba dengan Persita Tangerang.

Kepala Departemen Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Gede Widiade menjelaskan bahwa dirinya sudah menerima semua rencana dan jadwal Timnas Indonesia dari level senior, junior (U-22, U-19, dan U-16), hingga wanita.

"Saya bersama mereka (PSSI) sudah ada action plan-nya. Mulai saya masuk hingga Desember nanti, sudah ada rencana dan semua itu sudah sesuai jadwal, tidak asal-asalan," kata Gede Widiade.

"Jadi U-16, Timnas Wanita, U-19 dan U-22 sudah ada action plan-nya. Setahun agenda dan kapan latihan serta uji cobanya, semua sudah ada. Kalau ada perubahan mungkin hanya sedikit saja," tambahnya.

Sementara itu, Gede Widiade juga menjelaskan mengenai pengeluaran atau penggunaan dana untuk membiayai semua aktivitas Timnas Indonesia yang mencangkup level senior, junior, hingga wanita. Penggunaan dan tersebut tidak bersifat mengikat, artinya sesuai situasi dan kondisi serta kebutuhan.
 
"Terkait dana akan kita lihat nanti. Pokoknya proporsional semua dan sesuai skala prioritasnya, sudah jelas semua. Untuk mencapai itu sudah ditentukan," katanya.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Persija Jakarta vs Timnas U-22. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTTimnas Indonesia U-22.

Seperti diketahui Timnas Indonesia yang mencangkup level senior, junior, hingga wanita akan dihadapkan dengan banyak agenda nasional maupun internasional tahun ini, usai Federasi Sepakbola Indonesia, PSSI kembali aktif dari pembekuan FIFA sejak Mei tahun lalu.

Timnas U-22 misalnya akan melakukan pemusatan latihan di Spanyol, mengikuti kualifikasi Piala Asia U-23, dan ikut serta SEA Games 2017. Sementara itu Timnas U-19 dihadapkan dengan kejuaraan Toulon Tournament 2017 di Prancis, Piala AFF U-18 2017 di Myanmar, dan kualifikasi Piala Asia U-19.

Timnas U-16 akan mengikuti ajang kualifikasi Piala Asia U-16 dan Piala AFF U-16 2017 di Thailand. Lalu ada Timnas Wanita U-16 yang akan berpartisipasi pada ajang Piala AFF U-16 di Laos 2017.