18 Wasit Liga 1 dan 2 Diistirahatkan PSSI

Selasa, 16 Mei 2017 09:40 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
© bolanasional.com
Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono. Copyright: © bolanasional.com
Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) telah memutuskan untuk memberhentikan sementara 18 perangkat pertandingan yang bertugas di Gojek Traveloka Liga 1 dan Liga 2. Ini merupakan keputusan usai melakukan pertemuan dengan operator kompetisi resmi sepakbola Tanah Air, PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai bahan evaluasi penyelenggaraan Liga 1 dan 2.

Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Joko Driyono, enggan membeberkan nama-nama dari 18 perangkat pertandingan yang diberhentikan sementara tersebut. Namun, ia hanya mengungkapkan bahwa 18 perangkat pertandingan yang dimaksud terdiri dari delapan wasit dan 10 asisten wasit.

© Istimewa
Ilustrasi wasit sepakbola. Copyright: IstimewaIlustrasi wasit sepakbola.

“Mereka diberhentikan sementara sejak keputusan dibuat sampai batas waktu yang nantinya ditentukan oleh Komite Wasit. Sanksi tersebut berdasarkan kinerja yang dipantau di lapangan,” ujar Joko dikutip dari Antara.

“Tujuannya adalah PSSI ingin melindungi integritas kompetisi dan integritas wasit. Jumlah (pengganti) wasit dan asisten wasit masih cukup untuk menjalankan pertandingan. Sampai hari ini (kemarin), PSSI sudah menerima 17 protes mengenai wasit dari klub-klub Liga 1 dan Liga 2.”

Apa yang dikatakan Joko Driyono memang tidak bisa dipungkiri. Berbagai klub Liga 1 dan 2 melakukan laporan protes terhadap wasit-wasit yang memimpin jalannya pertandingan.

Liga 1 sendiri saat ini sudah berjalan hingga pekan keenam. Sementara Liga 2 berjalan sudah memasuki pertandingan keempat di tiap grup. 

304