Malam Ini Stadion Batakan Gelar Pertandingan Uji Coba

Jumat, 19 Mei 2017 15:12 WIB
Kontributor: Teddy Rumengan | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Teddy Rumengan/INDOSPORT
Stadion Batakan. Copyright: © Teddy Rumengan/INDOSPORT
Stadion Batakan.

Stadion Batakan yang bakal menjadi kandang Persiba Balikpapan di kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 2017 akan digelar uji coba, Jumat (19/05/17) malam. Hal tersebut disampaikan Pejabat Pembuat Komitmen Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan, Andi M Yusri.

"Ya, akan dilakukan uji coba lapangan. Kita akan melihat kondisi rumput setelah dilakukan verifikasi. Rumput ini masih menjadi tanggung jawab kontraktor hingga satu tahun ke depan untuk pemeliharaan," ujar Yusri singkat.

Dia mengungkapkan, rencananya dalam APBD Perubahan Kota Balikpapan 2017 juga akan dialokasikan dana sekitar Rp10 miliar untuk akses jalan masuk stadion berkapasitas 46 ribu penonton tersebut. Ini dilakukan lantaran akses jalan ke Stadion Batakan merupakan salah satu yang tak memenuhi syarat lolos verifikasi.

"Ya bakal ada Rp10 miliar yang akan dialokasikan untuk akses jalan masuk. Karena akses jalan masuk sangat vital. Kalau untuk fasilitas penunjang tinggal dilengkapi saja, sehingga stadion sudah siap," ujarnya.

© Teddy Rumengan/Indosport
Stadion Batakan Balikpapan. Copyright: Teddy Rumengan/IndosportStadion Batakan Balikpapan.

"Uji coba ini untuk kita akan lihat kesiapan lapangan dan apa yang harus dilengkapi. Mudah-mudahan lapangan bisa segera siap dan bisa digunakan Persiba sebagai kandang di kompetisi Liga 1," tambah Rizal Effendi, Wali Kota Balikpapan yang akan memantau langsung persiapan, termasuk uji coba lapangan.

Stadion Batakan yang dibangun sejak 2011 lalu itu sempat molor karena minimnya anggaran. Stadion dengan julukan Emirates Stadium-nya Indonesia menelan anggaran lebih dari Rp1,3 triliun dan didesain sangat modern nan megah.

Nama Batakan digunakan untuk sementara saja, karena didirikan di kawasan bernama demikian. Rencananya setelah diresmikan, stadion tersebut akan diberi nama khusus.

Somad, perwakilan Departemen Kompetisi PT Liga Indonesia Baru mengatakan, Stadion Batakan merupakan satu-satunya stadion di Indonesia yang berkonsep sepakbola. Sebab, tidak ada garis lintasan atau running track di sana, melainkan murni untuk sepakbola.

1.8K