Liga 1

Dibantai PSM 1-5, Pelatih Persipura Salahkan Kartu Merah

Minggu, 4 Juni 2017 12:42 WIB
Kontributor: Basri | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Muhammad Nur basri/Indosport
Liestiadi (pelatih Persipura). Copyright: © Muhammad Nur basri/Indosport
Liestiadi (pelatih Persipura).

Pelatih Persipura, Liestiadi tanpa ragu menyalahkan pemainnya Marinus Mandower yang mendapatkan kartu merah pada menit ketiga. Bermain sepuluh orang sejak awal babak pertama dikatakannya membuat mental Boaz Salossa dan kawan-kawan menurun dan harus tumbang 1-5 atas PSM Makassar.

© Twitter/@Liga1Match
PSM Makassar vs Persipura Jayapura Copyright: Twitter/@Liga1MatchPSM Makassar vs Persipura Jayapura.

"Dengan keluarnya tadi Marianus, otomatis membuat pemain pemain lain sedikit drop karena kita sejak awal sudah bermain sepuluh orang dan itu cukup menjatuhkan mental pemain kita," kata Liestiadi usai pertandingan.

Selain itu, berkurangnya jumlah pemain dikatakan cukup membuat energi para pemain Persipura terkuras sepanjang pertandingan. Olehnya itu, ia beranggapan jika secara kondisi fisik untuk pemain dalam pertandingan dianggap tidak fair.

Baca juga:

"Dari awal kita sudah dapat kartu merah, secara kondisi fisik itu tidak fair, dari menit awal sudah bermain sepuluh orang," Tuturnya.

© Ghozi el Fitra/Indosport
Liestiadi (Persegres Gresik United) Copyright: Ghozi el Fitra/IndosportLiestiadi ketika masih menangani Persijap Jepara.

"Bisa dibayangkan kurang lebih 87 menit pemain kita mengeluarkan energi untuk mengimbangi PSM yang bermain sebelas orang, ini sangat miris untuk tim kita," lanjutnya.

Seandainya kartu merah Marinus didapat di 15 menit akhir pertandingan, Pelatih asal Medan tersebut tidak terlalu mempermasalahkan. Namun lagi-lagi ia beralasan kartu merah di awal babak pertama adalah penyebab utama timnya telan kekalahan menyakitkan.

© Internet
Boas Solossa saat berseragam Persipura Jayapura. Copyright: InternetBoas Solossa (Persipura Jayapura).

"Anda bisa bayangkan kita dari awal dapat kartu merah kecuali kalau 15 menit lagi babak kedua kita dapat kartu tidak masalah," ketusnya.

"Apalagi Marianus adalah salah satu goal getter kita selain boas ditambah kita tidak bisa melakukan pergantian U-23 dan harus menunggu 45 menit," jelasnya lagi.

Kartu merah yang didapat Marinus terjadi karena tandukannya ke bek kiri PSM Makassar, Reva Adi Utama. Tanpa ampun, wasit yang meminpin pertandingan Abdul Rahman Salassa memberikan hadiah kartu merah. 

Gol-gol kemenangan PSM Makassar atas Persipura dicetak oleh Reinaldo da costa pada menit ke-7 dan 64, lalu Marc Anthony Klok menit ke-32 dan 58 serta Willem Jan Pluim ke-55. Sementara satu gol hiburan dari Persipura dicetak oleh Addison Alves menit ke-70.

© Surya Papua
Caption Copyright: Surya PapuaPersipura Jayapura, salah satu raksasa kuat Liga 1.

Kemenangan ini membuat PSM Makassar makin kokoh di puncak klasemen sementara dengan poin 20 dari sembilan laga. Sementara Persipura turun ke peringkat ketiga lantaran digeser oleh Madura United dengan poin 16 setelah pada pekan kedelapan lalu berada di peringkat dua.

1