(Review) Indonesia 1-2 Skotlandia: Tanpa Poin di Toulon Cup

Selasa, 6 Juni 2017 23:53 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Twitter/@pssi__fai
Timnas Indonesia U-19 menjelang lawan Skotlandia. Copyright: © Twitter/@pssi__fai
Timnas Indonesia U-19 menjelang lawan Skotlandia.

Babak Pertama

Skotlandia langsung tancap gas ketika pertandingan baru berjalan 2 menit. Hal ini disinyalir guna mengunci gol terlebih dahulu, serta mengamankan 3 poin guna memuluskan langkah mereka untuk lolos dari Grup C kejuaraan Toulon Cup 2017.

© Twitter/@pssi__fai
Sulaeman (8) ketika berebut bola dengan Wilson (13). Copyright: Twitter/@pssi__faiSulaeman (8) ketika berebut bola dengan Wilson (13).

Indonesia nyaris kebobolan saat pertandingan baru berjalan 2 menit, ketika Baharsyah gagal mengontrol bola dengan sempurna dan mampu direbut oleh Hardie. Penyerang muda Skotlandia itu langsung melepaskan tendangan dari depan area penalti. Beruntung, lesakkannya masih melambung di atas mistar gawang.

Baca Juga:

Skotlandia terus menekan untuk mendapatkan gol pertama mereka. Di menit 8, Nesbitt yang berada di kotak penalti Indonesia langsung melesakkan tendangan kerasnya ke pojok gawang Indonesia. Lagi-lagi keberuntungan menyertai Skuat Garuda Muda, lantaran tendangannya masih mengenai mistar gawang.

© Herry Ibrahim/Indosport
Timnas U-19 Kalahkan Patriot FC Copyright: Herry Ibrahim/IndosportPelatih Timnas U-19, Indra Sjafri.

Walau terus ditekan, Indonesia bukan tanpa perlawanan. Mereka pun untuk kali pertama mampu mencetak gol di Toulon Cup 2017, setelah Hanis Putra mampu memanfaatkan kecerobohan Lacovitti di menit 24. Sepakannya yang menuju pojok kiri gawang tak mampu dihalaui kiper Skotlandia. 1-0 Indonesia memimpin.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Timnas U-19 mendapat hadangan dari pemain Persija Jakarta. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPemain Timnas U-19 saat melakukan latihan.

Keunggulan Indonesia tak bertahan lama. Pasalnya, Skotlandia mampu menyamakan kedudukan di menit 33 melalui tendangan Hardie. Lesakkannya ke pojok kanan gawang, gagal diantisipasi oleh kiper Riyandi. 1-1 skor berakhir imbang di babak pertama.

Babak Kedua

Bermain imbang di babak pertama membuat Indonesia langsung berupaya menambah kedudukan mereka. Hal tersebut pun terbukti di menit 52, ketika pertahanan Skotlandia dibuat kocar-kacir oleh tendangan keras Nurrokhim. Sayang, lesakkannya masih berada tipis di atas mistar gawang Ruddy.

© Herry Ibrahim/Indosport
Timnas U-19 Kalahkan Patriot FC Copyright: Herry Ibrahim/IndosportTimnas U-19.

Penyerang Egy Vikri mencoba menembus pertahanan Skotlandia. Namun, kokohnya badan Lacovitti yang mengawal Egy tak mampu dilaluinya. Percobaan pun kembali sia-sia di sisi kiri pertahanan Skotlandia.

Petaka justru datang di menit 68, ketika Lestaluhu menjatuhkan Ralston yang hendak menendang bola di dalam kotak penalti Indonesia. Ryan Hardie yang menjadi algojo pun mampu memanfaatkan momentum tersebut. 1-2 Indonesia tertinggal.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sujud sukur para pemain Timnas U-19 usai mencetak gol ke gawang Persija Jakarta. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSujud syukur para pemain Timnas U-19 saat melakukan pertandingan persahabatan.

Hardie sejatinya hampir mencetak hattrick ke gawang Indonesia di menit 86. Namun sayang, tendangan jarak jauhnya masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Riyandi. 1-2 pun menjadi akhir pertandingan, dan Indonesia kembali gagal meraih poin.

Sebelumnya, Indonesia sempat dikalahkan oleh Brasil di laga perdana Grup C dengan skor tipis 0-1. Di laga kedua, mereka pun kembali harus menelan kekalahan atas Ceko dengan skor 0-2.

Berikut susunan pemain Indonesia U-19 vs Skotlandia U-20:

Indonesia: Riyandi; Lestaluhu, Nurhidayat, Irianto (C), Marasabessy; Witan, Luthfi, Adha; Resky, Saghara, Egy

Skotlandia: Ruddy; Ralston (c), Lacovitti, McCart, Taylor; McCrorie, Nesbitt, Wilson; Frizzell, Hardie, Wighton

2.3K