Liga 1 Indonesia

Di Kamboja, Timnas Rasakan Sensasi Mirip di Film Warkop DKI

Kamis, 8 Juni 2017 14:18 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Tengku Sufiyanto
© Petrus Manus DaYerimon/Indosport
Adam Alis Setyano. Copyright: © Petrus Manus DaYerimon/Indosport
Adam Alis Setyano.

Tim Nasional (Timnas) Indonesia tengah berada di Phnom Penh untuk melakoni laga uji coba menghadapi Timnas Kamboja, di Phnom Penh Olympic Stadium, Kamis (08/06/17) malam WIB. Salah satu penggawa Skuat Garuda, Adam Alis Setyano mengungkapkan cerita lucu soal negara berbentuk monarki konstitusional ini.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas U-22. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSkuat Timnas Indonesia U-22.

Adam merasa tengah terjebak dalam situasi seperti di film Warkop Dono, Kasino, dan Indro (DKI). Gelandang jangkar Arema FC itu menjelaskan kota Phnom Penh selayaknya daerah kuno bak kota Jakarta jadul (jaman dulu).

"Mungkin kota ini seperti Jakarta tempo dulu. Kota dan masyarakatnya masih kelihatan kuno,” ujar Adam ketika dihubungi INDOSPORT, Kamis (08/06/17).

© INDOSPORT/Herry Ibrahim.
Adam Alis meraih gelar pemain terbaik Piala Presiden 2017. Copyright: INDOSPORT/Herry Ibrahim.Adam Alis Setyano saat meraih gelar pemain terbaik Piala Presiden 2017.

Lebih lanjut, Adam mengeluarkan celoteh yang cukup menggelitik. Petugas keamanan di Kamboja disebutnya mirip seperti yang ada di film Warkop DKI.

"Polisinya juga seperti di film Warkop DKI," tutur Adam berseloroh.

Baca Juga:

Setelah mengawali cerita dengan sedikit candaan, Adam mulai serius memperhatikan calon lawannya nanti. Kamboja tak patut dianggap remeh pesepakbola berusia 23 tahun tersebut.

"Belum tahu banyak soal kekuatan Kamboja. Tapi yang saya tahu mereka punya pemain bagus. Striker yang main di Liga Jepang," imbuh eks pemain Persija Jakarta itu.

© Petrus Manus DaYerimon/Indosport
Luis Milla berdiskusi dengan 4 pemain Tinnas U-22 untuk meminta saran. Copyright: Petrus Manus DaYerimon/IndosportLuis Milla berdiskusi dengan empat pemain Timnas Indonesia U-22.

Chan Vathanaka, striker Timnas Kamboja, kini menjadi andalan klub J-League 3, Fujieda MYFC. Pesepakbola berusia 23 tahun itu pernah menyamai rekor gol superstar Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Kala itu, Chan dan Ronaldo sama-sama menorehkan 37 gol sepanjang tahun 2015 lalu.

Menjadi satu dari lima pemain senior yang berbaur dengan anak muda membuat Adam minder. Kurnia Meiga, Fachrudin Aryanto, Bayu Pradana, dan Irfan Bachdim bakal menemani Adam dalam tim.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Seluruh pemain Timnas U-22 mendapat arahan dari tim pelatih sebelum memulai babak kedua internal games. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTTimnas Indonesia U-22 saat menjalani latihan.

"Soal adaptasi dengan pemain yang lebih muda, mungkin saling komunikasi antar pemain agar lebih kompak di dalam maupun luar lapangan," pungkas Adam.

2.8K