Fakta Menarik Tentang Benevento, Klub Baru Serie A Italia

Jumat, 9 Juni 2017 10:30 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© getty images
Benevento berhasil promosi ke Serie A Italia 2017/18. Copyright: © getty images
Benevento berhasil promosi ke Serie A Italia 2017/18.

Beberapa jam yang lalu, Benevento telah memastikan diri untuk melaju ke kompetisi sepakbola tertinggi di Italia, yakni Serie A di musim 2017/18.

Kepastian tersebut mereka dapatkan usai mengalahkan Carpi dengan skor tipis 1-0 melalui gol tunggal dari George Puscas dalam pertandingan play-off Serie B Italia.

© INDOSPORT
Para pemain Benevento mengangkat pelatihnya, Marco Baroni setelah mereka memastikan diri lolos ke Serie A Italia 2017/18. Copyright: INDOSPORTPara pemain Benevento mengangkat pelatihnya, Marco Baroni setelah mereka memastikan diri lolos ke Serie A Italia 2017/18.

Baca Juga:


Kemenangan dari klub yang dijuluki The Witches ini membuat mereka untuk pertama kalinya merasakan bagaimana sengitnya bermain di Serie A Italia.

© INDOSPORT
Fans Benevento turut merayakan keberhasilan tim kesayangannya yang promosi ke Serie A Italia 2017/18. Copyright: INDOSPORTFans Benevento turut merayakan keberhasilan tim kesayangannya yang promosi ke Serie A Italia 2017/18.

Sebelum mengarungi musim tersebut, ada baiknya kita mengetahui beberapa fakta tentang klub yang bermarkas di Stadio Vigorito tersebut.

Berikut ini INDOSPORT merangkum sejumlah fakta tentang Benevento, sang penantang baru di Serie A Italia:

1. Benevento merupakan Ibu Kota dari Campania, berada di Timur Laut dari kawasan Naples, Napoli. Kota dari klub ini memiliki jumlah penduduk kurang lebih sekitar 80 ribu penduduk.

2. Klub ini didirikan pada tahun 1929 dengan nama AC Benevento yang berarti kini usia klub tersebut telah 88 tahun.

3. Sebagaimana klub yang tercipta pada umumnya, Benevento tentunya pertama kali berkecimpung di dunia kompetisi sepakbola dimulai dari sebuah kompetisi amatir.

4. Setelah melewati waktu beberapa tahun, Benevento berhasil langsung masuk ke kompetisi terendah di Italia, yakni Terza Categoria.

5. Kurang lebih hanya membutuhkan waktu sekitar 5 tahun, Benevento mulai berjibaku di kompetisi kasta terendah di Italia, yakni Serie C Italia atau kini dikenal dengan nama Lega Pro di musim 1934/35.

© INDOSPORT
Skuat Benevento 2016/17. Copyright: INDOSPORTSkuat Benevento 2016/17.

6. Pada musim 2008/09, Benevento berhasil menempati urutan kedua di klasemen akhir Lega Pro dan berjibaku di babak play-off untuk melaju ke Serie B, kasta kedua di kompetisi sepakbola Italia. Sayangnya, mereka kalah dari Crotone dengan skor agregat 2-1.

7. Butuh waktu 8 tahun lamanya bagi Benevento untuk dapat merasakan panggung Serie B Italia. Kepastian itu mereka dapatkan usai mengalahkan Lecce dengan skor 3-0 di final play-off.

8. Pada musim 2016/17, Benevento mampu bersaing dengan 21 tim lainnya di Serie B Italia. Pada musim tersebut mereka menempati urutan kelima dan berjuang di babak play-off.

Hal ini dikarenakan, posisi pertama dan kedua Serie B dipastikan promosi ke Serie A, sementara posisi ketiga hingga kedelapan akan dipertaruhkan melalui babak play-off.

9. Pada babak play-off, Benevinto sukses menjadi pemenangnya dengan mengalahkan Carpi di partai final dengan skor agregat 1-0.

10. Artinya, butuh waktu selama 83 tahun bagi Benevinto dari kompetisi kecil untuk bisa bersaing di Serie A Italia. Menarik untuk ditunggu kiprah mereka di kompetisi tertinggi Negeri Pizza tersebut.

1.1K