Liga 1

Materi Pemain Melimpah, Mettu Sesumbar Persipura Tak Butuh Pelatih

Jumat, 16 Juni 2017 04:07 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Ian/INDOSPORT
Persipura Jayapura. Copyright: © Ian/INDOSPORT
Persipura Jayapura.

Agaknya Persipura Jayapura pantas dianggap sebagai salah satu calon kuat peraih gelar juara Gojek Traveloka Liga 1 2017 Indonesia. Dengan materi pemain komplit di semua lini, Metty Dwaramury, asisten pelatih Mutiara Hitam sesumbar jika Boaz Solossa dan kawan-kawan bisa mengarungi kompetisi tanpa pelatih kepala sekali pun.

Tidak berlebihan memang jika menilai Persipura memiliki segalanya. Ketika pemain senior seperti Eduard Ivakdalam dan Boaz Solossa akan menghilang suatu saat nanti dari sepakbola Jayapura pun, lusinan talenta muda dari tanah mukjizat di timur Indonesia itu sudah antre panjang untuk unjuk kebolehan di atas rumput hijau.

Baca juga:

Maka tak mengherankan apabila melihat empat bintang terususun rapi di atas badge Persipura, yang menandakan gelar juara yang telah mereka raih di era Liga Indonesia sampai Indonesia Super League (ISL). Liga Indonesia 2005, ISL 2008/09, 2010/11, dan 2013 membuktikan betapa mengerikannya tim ini.

© Ian/INDOSPORT
Persipura Jayapura. Copyright: Ian/INDOSPORTPersipura Jayapura petik kemenangan di laga melawan Persiba Balikpapan beberapa pekan lalu.

Kendati begitu, melihat kualitas individu dan tim yang seakan tak ada habisnya tidak lantas membuat klub yang kental dengan warna merah-hitam ini bisa jemawa begitu saja. Musim ini misalnya, tekanan berat membuat dua pelatih kepala sudah dipecat karena dianggap gagal memberikan hasil baik, yakni Liestiadi dan Alfredo Vera.

© Ian Setiawan/Indosport
Pelatih Persipura Jayapura, Liestiadi Copyright: Ian Setiawan/IndosportPelatih Persipura Jayapura, Liestiadi

Mettu yang kini memegang tampuk kepemimpinan sementara hingga ada pelatih baru lagi menuturkan bagaimana mengatur komposisi pemain di skuat inti. Baginya, semua pemain Persipura sama pentingnya.

"Semua pemain di sini sama pentingnya, tidak ada yang inti. Tinggal persiapan (masing-masing pemain) saja bagaimana menjadi sebaik mungkin," tutur Mettu Dwaramury.

Ucapan Mettu bukannya tanpa alasan. Di partai terakhir, meski tanpa kapten tim Boaz Solossa, Mutiara Hitam tetap mampu bermain cemerlang di kandang Persela Lamongan. Addison Alves menjadi pencetak gol tunggal dan Persipura mengemas tiga poin berharga dari Stadion Surajaya. Itu menunjukkan kualitas materi pemain Persipura karena di sisi lain, Laskar Joko Tingkir menjamu tamunya dengan kondisi sangat meyakinkan.

© Ardiansyah/INDOSPORT
Caption Copyright: Ardiansyah/INDOSPORTMettu Dwaramuri.

Saking melimpahnya stok pemain utama, baik muda mau pun senior, Mettu sampai berani sesumbar jika Persipura bisa tetap bermain tanpa sosok pelatih kepala sekali pun.

"Kalau ada pelatih tapi tidak ada pemain, sepakbola tidak akan jalan. Tapi kalau ada pemain meski tidak ada pelatih, sepakbola tetap berjalan dengan menampilkan karakter khas pemainnya," ungkap Mettu.

383