Liga 1

Polda Metro Jaya Janji Permudah Persija, Pinta Suporter Jangan Berulah

Rabu, 21 Juni 2017 16:07 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Herry Ibrahim/Indosport
The Jakmania tetap setia mendukung Persija Jakarta. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
The Jakmania tetap setia mendukung Persija Jakarta.

Kepolisian Daerah Metro Jaya siap memberi kelancaran izin pertandingan pada laga kandang Persija Jakarta. Namun, ada beberapa hal yang harus dipatuhi guna turunnya bantuan tersebut.

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Suntana menyatakan bahwa pihaknya sangat menginginkan memberikan izin untuk Macan Kemayoran, bermain di wilayah pertanggungjawabannya. Entah itu di ibu kota, maupun Bekasi, homebase Persija saat ini.

Baca juga:

© Herry Ibrahim/Indosport
Spanduk protes yang disampaikan The Jakmania atas menurunnya performa Persija Jakarta Copyright: Herry Ibrahim/IndosportSpanduk protes yang disampaikan The Jakmania atas menurunnya performa Persija Jakarta

"Sekali lagi saya mau menegaskan, kita mau mendukung Persija bermain di Jakarta tetapi kita juga memerlukan dukungan dari The Jakmania yang tertib dan tidak membuat ulah sampai terjadinya kerusuhan," kata Suntana pada acara buka puasa bersama dengan Wakapolda Metro Jaya, Persija Jakarta, dan PP the Jakmania di Function Hall Spring Hill Club House, Kemayoran, Jakarta Utara, Senin (19/06/17) petang.

Suntana sangat menyayangkan insiden kericuhan di luar Stadion Patriot Candarabhaga saat Persija menghadapi Perseru Serui beberapa waktu lalu. Ketika itu, sejumlah oknum suporter yang tidak memiliki tiket sengaja membuat keributan dengan aparat keamanan yang berjaga agar diperbolehkan masuk ke dalam stadion.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Caption Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTJakmania diminta untuk tidak lagi berulah sehingga bisa merugikan Persija Jakarta.

Apalagi, dampak dari kejadian tersebut, Persija terpaksa menggelar pertandingan tanpa penonton pada laga berikutnya. Kontra Sriwijaya FC, Jumat, (16/06/17) lalu, venue pertandingan juga dipindahkan ke Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi.

"Persija dianggap sebagai penyebab terjadinya kerusuhan bermain di Jakarta, Sehingga publik akan meminta kepada pihak kepolisian agar tidak mengizinkan lagi Persija bermain di Jakarta," kata Suntana.

Suntana membocorkan, masyarakat ibu kota kerap kali memberi keluh kesah setiap kali Persija bermain di Jakarta. Beberapa suporter yang ugal-ugalan di perjalanan dan ketika pertandingan berakhir menjadi penyebabnya.

© Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Caption Copyright: Muhammad Adiyaksa/INDOSPORTFerry Indra Sjarief.

"Sekarang ini masyarakat Jakarta komplain kepada pihak kepolisian kalau Persija bermain ada rasa khawatir yang berlebihan sehingga polisi harus mengambil keputusan yang sangat berat mengizinkan atau tidak," papar Suntana.

"Jadi pertemuan ini untuk itu menghimbau kepada teman-teman Jakmania untuk bisa tertib bersama jaga Jakarta sehingga masyarakat percaya jika Persija bermain di sini situasi aman dan nyaman," tutupnya.

908