Kala Nama Indonesia Menggema di Final Piala Dunia 1974

Sabtu, 24 Juni 2017 01:11 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
© FIFA.com
Jerman vs Belanda di Final Piala Dunia 1974. Copyright: © FIFA.com
Jerman vs Belanda di Final Piala Dunia 1974.

Piala Dunia 1974 mungkin tak akan terlupakan bagi Indonesia. Meski Timnas Indonesia tidak ikut andil, namun nama Indonesia menggema se-antero dunia.

© FIFA.com
Jerman vs Belanda di Final Piala Dunia 1974 Copyright: FIFA.comJerman vs Belanda di Final Piala Dunia 1974.

Bagaimana tidak? koin yang digunakan wasit asal Inggris, Jack Taylor untuk menentukan tim mana yang pertama kali memegang bola adalah buatan Bank Indonesia. Ketika itu, koin tersebut digunakan untuk menentukan pilihan kedua tim yang bertanding saat itu, yakni Jerman Barat kontra Belanda.

© Panditfootball.com
Jerman vs Belanda di Final Piala Dunia 1974 Copyright: Panditfootball.comJerman vs Belanda di Final Piala Dunia 1974

Dikutip dari The Guardian, koin buatan Bank Indonesia tersebut merupakan pecahan Rp2.000. Koin tersebut bergambar harimau Jawa dan di lain sisi bergambar Garuda Pancasila.

Baca Juga:

  • 10 Nama yang Akan Menjadi Masa Depan Real Madrid

  • Penampakan Spanduk Sara yang Rugikan Persija Rp30 Juta

  • Kesal karena Gambar Jelek Saat Nonton Liga 1? Ini Solusi dari PT LIB

Koin tersebut dibuat dan digunakan atas kerja sama Bank Indonesia dengan Lembaga Konservasi Dunia ( IUCN ) serta Lembaga Konservasi Alam ( WWF ). Koin itu hanya tersedia tiga buah, dan dana penjualannya digunakan untuk penyelamatan hewan langka di Indonesia.

© FIFA.com
Jack Taylor, wasit yang memimpin Final Piala Dunia 1974 Copyright: FIFA.comJack Taylor, wasit yang memimpin Final Piala Dunia 1974.

Jack Taylor menjadi salah satu pemegang koin tersebut mengatakan, kapten Timnas Jerman Barat kala itu, Franz Beckenbauer merasa penasaran koin tersebut buatan negara mana. Pertanyaan Der Kaizer itu hanya dibalas Taylor dengan senyuman.

5K