Ezra Walian dan Kasus Keracunan Makanan di Sepakbola

Senin, 3 Juli 2017 05:03 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Gregah/Grafis/INDOSPORT
Kasus keracunan makanan pernah menimpa klub dan pesepakbola. Copyright: © Gregah/Grafis/INDOSPORT
Kasus keracunan makanan pernah menimpa klub dan pesepakbola.

Kabar buruk datang setelah Ezra Walian dilaporkan mendapatkan serangan virus Salmonella. Ezra harus beristirahat setidaknya dua hingga tiga pekan dan membuat dirinya terancam tak bisa mengikuti sejumlah pertandingan dan kompetisi yang dijalani Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22.

Salah satu event terdekat yang tidak bisa diikuti Ezra adalah Kualifikasi AFC Cup di Bangkok. Virus salmonella yang menyerang lutut kiri pemain Jong Ajax tersebut memaksanya hanya bisa menonton rekan-rekannya berjuang di lapangan.

Baca juga:

Disinyalir, virus salmonella yang diidap Ezra berasal dari ayam panggang yang dikonsumsinya di Belanda. Endri Erawan, manajer Timnas U-22 mengatakan jika saat ini striker naturalisasi itu harus menepi untuk jalani perawatan.

"Virus itu berasal dari makanan ayam panggang tidak matang yang dikonsumsinya saat berada di Belanda. Ezra yang datang dengan jalan terpincang tidak mungkin dimainkan karena butuh waktu penyembuhan 2 minggu. Saat ini, dia sudah pulang ke Belanda dan harus mengkonsumsi antibiotik 2000 mg setiap hari," jelas Endri.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Resmi Ezra Walian menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTResmi! Ezra Walian menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Mengenai virus yang bersarang di tubuh Ezra, berdasarkan foodpoisonjournal.com, salmonella adalah salah satu penyebab utama artritis (reactive arthritis), jenis 'cedera' yang kemungkinan besar menimpa Ezra. Reactive arthritis berarti kumpulan gejala dari sindrom reiter yang biasanya ditunjukkan dengan rasa nyeri di lutut.

Rasa nyeri di lutut merupakan dampak dari infeksi organ pencernaan, di mana semua bersumber pada beberapa bakteri, salah satunya salmonella. Melihat kasus yang menimpa Ezra, maka besar kemungkinan salmonella itu bersarang di ayam panggang yang dikonsumsinya, seperti keterangan dari manajer Timnas U-22.

© Telegraaf
Ezra Walian vs Jong Utrech Copyright: TelegraafEzra Walian vs Jong Utrech.

Apa yang menimpa Ezra Walian memang belum tentu masuk kategori keracunan (food poisoning), tapi dalam sepakbola, kasus serupa pernah menimpa beberapa pesepakbola, baik dalam skala kecil mau pun besar. Berikut ini beberapa kisah food poisoning yang pernah terjadi di dunia sepakbola untuk pembaca setia INDOSPORT.

650