Jalani Pengobatan Virus di Belanda, Ini Kondisi Terkini Ezra Walian

Senin, 3 Juli 2017 19:06 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ezra Walian (tengah) saat berlatih bersama Timnas Indonesia U-22 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ezra Walian (tengah) saat berlatih bersama Timnas Indonesia U-22 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Kabar baik datang dari penyerang naturalisasi Timnas Indonesia, Ezra Walian. Setelah mengalami cedera usai terkena virus Salmonela, Ezra dikabarkan kini semakin pulih.

Seperti diketahui, pada awal Juli 2017, putra pasangan Glenn Walian dan Linda Bosch itu menjadi perbincangan lantaran absen dari pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22 di Bali. Seteleh diselidiki ternyata absennya Ezra, tidak lain karena yang bersangkutan tengah cedera akibat pengaruh virus Salmonela.

© Petrus Manus DaYerimon/Indosport
Ezra Walian Copyright: Petrus Manus DaYerimon/IndosportEzra mengidap virus Salmonela lantaran mengonsumsi makanan yang dimasak tidak matang.

Berdasarkan keterangan dari laman sehatfresh.com, disebutkan bahwa virus Salmonela menyebabkan infeksi pada manusia melalui paparan makanan yang diolah dengan kurang tepat, seperti kasus yang menyerang Ezra.

Baca Juga

Virus Salmonela yang diidap oleh Ezra itu disebut-sebut berasal dari makanan ayam panggang yang sempat dikonsumsinya saat berada di Belanda. Diduga ayam tersebut tidak dimasak matang menyeluruh ketika disajikan dan dimakan oleh Ezra.

Akibat virus itu sendiri, Ezra harus mengalami sakit pada kakinya, terutama di bagian lutut. Bahkan, pemain berpostur 178 cm itu dilaporkan sempat tidak bisa berjalan dengan normal dan terpincang-pincang. Agar kondisi itu tidak semakin parah, pihak Ezra pun langsung terbang ke Belanda untuk melakukan proses pemulihan.

© Instagram Ezra Walian
Ezra Walian mendapat kepungan dari pemain Myanmar. Copyright: Instagram Ezra WalianSetelah menjalani proses pemulihan di Belanda, kondisi Ezra dikabarkan semakin membaik.

Kini setelah kembali ke Belanda untuk penyembuhan, kondisi Ezra dikabarkan semakin membaik. Hal ini seperti diutarakan oleh manajer Ezra, Wide Ananda.

"Kondisi Ezra per hari ini (Senin, 03/07/17) sudah jauh lebih baik dan mulai berlatih bersama phisio di Ajax. Latihan ini untuk mengembalikan kebugaran dia (Ezra)," ucap Wide, Senin (03/07/17).

Namun, Wide tidak memungkiri untuk mempercepat proses penyembuhan, Ezra harus mengonsumsi obat dengan dosis yang cukup tinggi. Obat tersebut pun harus rutin dikonsumsi hingga sembuh total.

"Untuk penyembuhan Ezra juga harus mengonsumsi antibiotik dosis tinggi samapi dua minggu ke depan."

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ezra Walian (kanan) melakukan jugling bola sebelum internal game dimulai. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTEzra masih berkesempatan memperkuat Timnas Indonesia U-22 di Sea Games 2017.

"Tapi menurut phisio Ajax, dalam tiga minggu kedepan Ezra sudah bisa kembali fit," tutup Wide.

Sedikit informasi, meski absen di pemusatan latihan, lantas bukan berarti nama Ezra langsung dicoret dari daftar pemain Timnas Indonesia U-22. Manajer Timnas U-22, Endri Erawan mengungkapkan bahwa pihaknya percaya, Ezra masih bisa sembuh total sebelum berlaga di kancah SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia pada Agustus 2017 mendatang.

"Nama Ezra Walian tetap masih didaftarkan sebagai skuat Timnas U-22 di SEA Games Malaysia 2017 yang didaftarkan ke Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Hanya saja dia tidak bisa memperkuat Timnas U-22 di kualifikasi AFC Cup 2017 karena terserang virus Salmonela," kata Endri di Bali pada Sabtu (01/07/17) lalu.