Liga 1

(REVIEW) Persipura Gilas Mitra Kukar 6 Gol Tanpa Balas

Senin, 3 Juli 2017 16:18 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Persipura Jayapura sukses berpesta gol saat melakoni laga kandang Stadion Mandala, Jayapura melawan Mitra Kukar dalam lanjutan Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia 2017.

Tidak tanggung-tanggung, armada Mutiara Hitam mampu menyarangkan bola ke dalam gawang yang dijaga Joko Ribowo sebanyak enam kali, tanpa membiarkan gawangnya dibobol pasukan Si Naga Mekes.

Babak Pertama

Bermain di kandang sendiri menjadikan Persipura Jayapura sudah mendominasi jalannya pertandingan, sejak wasit Iwan Sukoco meniup peluit tanda dimulainya babak pertama.

Baca Juga

Tidak butuh waktu lama, hanya butuh  waktu sembilan menit bagi klub yang dibentuk sejak 1 Mei 1963 silam itu untuk membuka keunggulannya atas Mitra Kukar. Yan Pietr Nasadit mampu menyempurnakan dengan baik bola hasil sepak pojok yang dilepaskan oleh Boaz Solossa. Skor menjadi 1-0 untuk keunggualan Persipura.

© Ian/INDOSPORT
Persipura Jayapura. Copyright: Ian/INDOSPORTSkuat Persipura Jayapura.

Unggul satu gol ternyata tidak membuat Persipura puas. Permainan menyerang masih terus mereka lakukan. Namun, gol kedua Persipura baru tercipta ketika pertandingan sudah memasuki menit ke-30.

Boaz kembali menjadi kunci serangan Persipura. Pemain yang berkali-kali memperkuat Timnas Indonesia itu, melepaskan sebuah umpan silang dari sisi kanan yang langsung disambar oleh Prisca Womsiwor. Skor menjadi 2-0, Persipura masih perkasa atas Mitra Kukar.

Wormsiwor kembali mencuri perhatian publik Stadion Mandala, setelah di menit ke-35, dirinya mampu memaksa Joko Ribowo memungut bola dari gawangnya. Memanfaatkan tendangan keras Boaz, Wormsiwor berhasil mengenai bola yang membuat arahnya berubah dan mengecoh Ribowo. Skor 3-0, Persipura jauh memimpin atas Mitra Kukar.

Berikutnya, Persipura masih terus mendominasi jalannya pertandingan dan terus berupaya untuk kembali mencetak gol. Namun, hingga turun minum skor 3-0 tetap tidak berubah.

Babak Kedua

Selepas turun minum, Persipura yang sudah unggul jauh di babak pertama, kembali melancarkan serangan-serangan berbahaya ke jantung pertahanan Mitra Kukar.

© Grafis: Yuhariyanto/foto: Tim Humas PSSI
Skuat Mitra Kukar. Copyright: Grafis: Yuhariyanto/foto: Tim Humas PSSISkuat Mitra Kukar.

Hasilnya, pada menit ke-50, tim Mutiara Hitam berhasil menambah keunggulannya melalui aksi Addison Alves de Oliveira, yang membuat Persipura unggul 4-0 atas skuat besutan Jafri Sastra.

Tidak puas hanya memberi assists kepada rekan-rekannya, Boaz akhirnya sukses mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-57. Berawal dari umpan Womsiwor, suami  Adelyna Gedy Solossa itu mampu menambah keunggualn Persipura menjadi 5-0.

Dua menit berselang, Womsiwor akhirnya mampu membuat hattrick dalam pertandingan tersebut. Kerja sama yang baik dengan Boaz di depan gawang Mitra Kukar, membuat Womsiwor kembali membobol gawang Joko Ribowo, sekaligus membuat skor menjadi 6-0.

Hingga peluit panjang dibunyikan, Mitra Kukar sama sekali tidak mampu mengejar ketertinggalannya atas tuan rumah. Alhasil, Persipura sukses keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 6-0 bersama Wanderley Machado da Silva, yang notabene baru ditunjuk sebagai pelatih baru mereka pada pertengahan Juni 2017 lalu, menggantikan Liestiadi.

Atas kemenangan tersebut, Persipura berhasil mengamankan posisi tiga besar dalam klasemen sementara Liga 1 Indonesia, dengan koleksi 22 poin dari 12 laga. Sementara Mitra Kukar masih berada di peringkat delapan klasemen dengan torehan 18 poin dari 12 pertandingan.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Persipura Jayapura (4-3-3): Yoo Jae-hoon, Yustinus Pae, Ruben Sanadi, Ricardo Salampessy, Ian Kabes, Muhammad Tahir, Nelson Alom, Yan Pietr Nasadit, Prisca Womsiwor, Boaz Solossa, Addison Oliveira.
Pelatih: Wanderley Machado da Silva.

Mitra Kukar (4-3-3): Joko Ribowo, Zikri Akbar, Saepuloh Maulana, Seftia Hadi, Zulchrizal Gamal, Arpani, Oh-Inkyun, Anindito Erminarno, Hendra Bayauw, Monieaga Suwardi, Marclei Cesar.
Pelatih:  Jafri Sastra.

5.8K