Ini Target PSSI untuk Timnas U-16 di Piala AFF 2017

Selasa, 4 Juli 2017 12:57 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi.

Tim Nasional (Timnas) U-16 Indonesia akan mengikuti ajang Piala AFF U-15 di Thailand pada 9-22 Juli 2017 nanti. Karenanya, federasi sepakbola Tanah Air, PSSI kemudian angkat bicara mengenai target Skuat Garuda Asia pada kejuaraan se-Asia Tenggara itu.

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono menjelaskan Timnas U-16 akan berangkat ke Thailand pada pertengahan minggu ini. Ia cukup optimistis dengan peluang yang dimiliki Skuat Garuda Asia meski tergabung di grup neraka bersama tuan rumah Thailand, juara bertahan Australia, Myanmar, Singapura, dan Laos.

© twitter@pssi
Laga Perdana Indonesia U-16 Akan Melawan Myanmar di Tien Phong Plastic Cup 2017. Copyright: twitter@pssiTimnas Indonesia U-16 saat di Tien Phong Plastic Cup 2017.

"Timnas U-16 akan berangkat ke Bangkok tanggal 7 nanti, sekarang sedang pemusatan latihan di Cijantung bahkan di hari raya Idul Fitri lalu mereka gak libur," ujar Joko Driyono.

"Itu itikad dari pelatih untuk memberikan dukungan sebaik-baiknya karena di fase grup cukup ketat ada Myanmar, Laos, Australia, Thailand, dan Singapura. Jadi Insya Allah tanggal 7 anak-anak siap berangkat dan melakoni laga pertama tanggal 9 kontra Myanmar," sambungnya.

Baca Juga:

"Kalau optimismenya dikaitkan dengan persiapan teman-teman, setelah kemarin bisa merebut juara di Vietnam. Mudah-mudahan itu jadi bekal agar bisa jadi terbaik di event ini (Piala AFF)," imbuh Jokdri.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Waketum PSSI, Joko Driyono. Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimWaketum PSSI, Joko Driyono.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Umum PSSI juga berbicara mengenai target Timnas U-16 di Piala AFF kategori umur kali ini. Menurutnya hasil di kejuaraan nanti akan menjadi indikator sejauh mana perkembangan sepakbola Indonesia. Karenanya, Joko Driyono ingin Timnas U-16 memberikan penampilan terbaik dan meraih gelar juara.

"Jadi setiap Timnas di semua kelompok umur targetnya itu dikonsepkan dengan perkembangan sepakbola di jenjang usia berikutnya. Itu jadi indikator perkembangan sepakbola di suatu negara," tutur Jokdri. 

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Situasi latihan internal games Timnas U-16. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSituasi latihan internal games Timnas U-16.

"Tidak ada satu pun negara yang tidak ingin jadi juara. Oleh karenanya target di turnamen ini kita ingin menjadi yang terbaik. Karena ini terkait dengan pengembangan sepakbola dari kelompok usia 16 hingga senior," tutupnya.

Berikut jadwal tanding Timnas U-16 di Piala AFF U-15 2017:

Minggu (09/07/17) Myanmar vs Indonesia: 19.30 WIB
Selasa (11/07/17) Indonesia vs Thailand: 19.30 WIB
Kamis (13/07/17) Australia vs Indonesia: 19.30 WIB
Sabtu (15/07/17) Indonesia vs Laos: 17.00 WIB
Senin (17/07/17) Singapura vs Indonesia: 19.30 WIB.

856