Liga 1

Persib Kecewa, Pelatih MU: Keputusan Wasit Biasa Saja

Senin, 10 Juli 2017 10:19 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Tengku Sufiyanto
© Ian Setiawan/Indosport
Pelatih Madura United FC, Gomes de Oliveira. Copyright: © Ian Setiawan/Indosport
Pelatih Madura United FC, Gomes de Oliveira.

Persib  Bandung harus menelan kekalahan 1-3 dari tuan rumah Madura United  (MU) FC pada laga pekan ke-13 Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion Pamekasan, Minggu (09/07/17).

Tiga gol kemenangan Laskar Sapeh Kerrab diciptakan oleh Peter Odemwingie (21' dan 26') dan Greg Nwokolo (87'). Sementara satu gol Maung Bandung dilesakkan Raphael Maitimo (82').

Dalam pertandingan tersebut, ada pemandangan yang menarik perhatian para pencinta sepakbola nasional. Tim Maung Bandung merasa kekalahannya karena keputusan wasit yang kurang tepat.

Baca Juga:

Ada beberapa keputusan yang dianggap Persib kontroversial. Pertama, soal keputusan wasit Kusni yang memberikan hadiah penalti untuk MU untuk dikonversi menjadi gol oleh Odemwingie pada menit ke-21. Kusni menganggap Dedi Kusnandar melakukan pelanggaran dengan menggaet kaki Greg Nwokolo.  Namun, Persib menganggap Dedi Kusnandar tidak melakukan pelanggaran, lantaran pemain yang akrab disapa Dado itu ingin bangun usai terjatuh akibat benturan tangan Greg.

Kedua,  soal dua gol Maung Bandung yang dianulir masing-masing diciptakan Maitimo pada menit ke-45 dan Michael Essien di babak kedua.

Wasit Kusni menganulir gol Maitimo, karena mengganggap posisinya sudah offside, usai menerima umpan sundulan Essien. Sementara itu, gol Essien dianulir wasit Kusni, lantaran bola membentur Maitimo yang berada di posisi offside.

Persib menganggap asisten wasit sudah mengangkat bendera sebelum bola sampai ke Essien, posisi Maitimo pun tidak offside. Begitupun gol Essien, Persib menilai bola hasil tendangan keras kaki kanan mantan pemain Chelsea itu tidak membentur Maitimo.

© Twitter/@Liga1Match
Madura United vs Persib Bandung Copyright: Twitter/@Liga1MatchMadura United vs Persib Bandung.

Menanggapi kekecewaan Persib, pelatih Madura United, Gomes de Oliveira menilai keputusan wasit biasa saja, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Ia justru menilai kemenangan timnya atas Maung Bandung diperoleh melalui kerja keras para pemain.

"Sangat luar biasa perjuangan para pemain. Mereka memberikan semangat juang tinggi dan kerja keras untuk menang. Selalu luar biasa rasanya bisa mengalahkan tim sekelas Persib Bandung," ungkapnya.

"Ya sudah wajar kalau ada yang kecewa dengan hasil kekalahan. Wasit juga biasa saja. Yang penting, kita harus mengapresiasi kerja keras para pemain. Mereka layak mendapatkan itu. Pemain saling support untuk mencetak gol, menjaga lawan dengan baik sekali."

509