Liga 2

Liga 1 Bakal Pakai Wasit Asing, Klub Liga 2 Juga Tertarik

Kamis, 27 Juli 2017 19:32 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Herry Ibrahim
© HERRY IBRAHIM/INDOSPORT
Striker Semen Padang, Marcel Sacramento (kedua kiri) mengejar wasit Prasetyo Hadi (kiri). Wasit lokal di Liga 1 kerap mendapat kritikan. Copyright: © HERRY IBRAHIM/INDOSPORT
Striker Semen Padang, Marcel Sacramento (kedua kiri) mengejar wasit Prasetyo Hadi (kiri). Wasit lokal di Liga 1 kerap mendapat kritikan.

Kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 akan menggunakan tenaga wasit asing pada paruh kedua musim. PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi telah memastikan kebijakan itu.

Nantinya, akan ada sekitar 50% pertandingan di setiap pekannya yang bakal dipimpin wasit asing. Penunjukan pengandil pertandingan import itu dilakukan secara sistem.

© Instagram/Persikad.News
Tim kebanggaan Depok, Persikad. Copyright: Instagram/Persikad.NewsTim kebanggaan Depok, Persikad.

Jadi, PT LIB tidak berhak untuk mengatur pertandingan yang akan dipimpin wasit asing. Kecuali, bila memang sangat dibutuhkan. Seperti laga yang berpotensi berjalan keras dan panas.

Rencana itu mendapat masukan serta kritikan dari salah satu peserta Liga 2, Persikad Depok. Melalui pelatihnya, Liestiadi, kebijakan itu dianggap tidak serta-merta bakal meningkatkan mutu kompetisi.

"Soal wasit asing di Liga 1, apakah wasit yang didatangkan nantinya masih produktif di negaranya? Lebih baik menggunakan tambahan fasilitas yang mendukung wasit lokal. Seperti video tayangan ulang," ujar Liestiadi kepada pewarta di Depok, Kamis, (27/07/17).

"Tapi, kalau ternyata wasit asing hasilnya bagus di Liga 1. Mungkin bisa diterapkan juga di Liga 2. Tapi bukan sekarang, melainkan musim depan," tambah eks pelatih Persipura Jayapura itu.

© Grafis:Yanto/Indosport/Internet
Liga 1 dan Liga 2 Copyright: Grafis:Yanto/Indosport/InternetLiga 1 dan Liga 2.

Penggunaan tenaga asing hanya berlaku untuk wasit tengah. Sedangkan bagi asisten wasit, akan tetap menerapkan pengadil lokal.

435