Liga Primer Inggris

Aplikasi Pencari Jodoh Jadi Sponsor Baru Man United?

Selasa, 1 Agustus 2017 16:38 WIB
Penulis: Panca Putra Pamungkas | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Gelandang anyar Manchester United, Nemanja Matic. Copyright: © Getty Images
Gelandang anyar Manchester United, Nemanja Matic.

Dukungan finansial Manchester United guna mengarungi kompetisi musim 2017/18 akan kembali bertambah. Hal ini disebabkan karena salah satu aplikasi kencan daring, Tinder, tengah melakukan penawaran untuk menjadi sponsor klub berjuluk Setan Merah tersebut.

Daily Mail melaporkan bahwa perusahaan yang berkantor di Silicon Valley, San Fransisco, AS ini bersedia membayar 12 juta poundsterling per tahun (Rp211 miliar). Andaikan kesepakatan terwujud, logo milik aplikasi yang pertama kali dirilis tahun 2014 itu akan terpampang di lengan bagian kiri Romelu Lukaku dan kolega. Sementara itu, badge 'kepala singa' yang jadi logo Liga Primer Inggris terletak di lengan bagian kanan jersey.

© @indomanutd
Ilustrasi Romelu Lukaku di Tinder Copyright: @indomanutdIlustrasi Romelu Lukaku di Tinder.

Pemberian ruang untuk sponsor di lengan jersey ini merupakan kebijakan baru di Liga Primer Inggris, setelah sebelumnya hanya boleh di bagian dada. Kebijakan ini akan dimulai di musim 2017/18. Nilai sponsor yang terpampang di lengan jersey ini bernilai 20 persen dari sponsor utama yang terpampang besar di bagian dada. 

Klub tetangga Man United, yaitu Man City sudah memulainya setelah mendapat sponsor dari produsen ban Korea Selatan, Nexen Tire, dengan kontrak 10 juta poundsterling per tahunnya.

© @ManCity
Leroy sane saat launching sponsor baru. Copyright: @ManCityLeroy sane saat launching sponsor baru, Nexen Tire.

Lebih lanjut, masuknya aplikasi yang diperkirakan mencapai 50 juta pengguna untuk menjadi sponsor klub sepakbola ini bisa saja dimanfaatkan untuk menambah basis fans klub yang bersangkutan, sehingga para pengguna tak sekadar untuk mencari pasangan.

Tambahan informasi, aplikasi ini juga pernah dimanfaatkan untuk kepentingan politik. Adalah politikus asal Hawaii, Greggor Ilagan yang menggunakan Tinder untuk menggalang dukungan agar dirinya lolos jadi anggota senat Amerika Serikat, tahun 2016 lalu.

Sebelumnya, pada (09/05/17) Tinder sudah sepakat bekerja sama dengan Napoli. Pendekatan yang dilakukan klub yang mentas di Serie A itu pun terbilang kekinian dan sesuai 'filosofi' Tinder, yaitu menjanjikan empat pengguna paling beruntung akan mendapatkan kesempatan berkencan langsung dengan Arkadiusz Milik, salah satu gelandang milik Napoli.

2.1K