Liga 1 Indonesia

Kemenpora Siapkan Menu Khusus Jelang Islah Perdamaian Suporter Indonesia

Selasa, 1 Agustus 2017 18:19 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Rizky Pratama Putra
© Lanjar Wiratri/Indosport.com
Kemenpora, PSSI, perwakilan suporter di rapat persiapan islah antarsuporter. Copyright: © Lanjar Wiratri/Indosport.com
Kemenpora, PSSI, perwakilan suporter di rapat persiapan islah antarsuporter.

Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto, Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, dan para perwakilan suporter hadir dalam rapat persiapan jelang islah alias pertemuan damai lintas suporter klub Indonesia. Gatot bahkan sempat menyinggung pembicaraan mengenai usulan menu makanan yang akan disediakan oleh pihak Kemenpora untuk acara islah akbar antarsuporter, Kamis (03/08/17) lusa.

"Nanti akan dihidangkan menu soto dari berbagai daerah, ini bukan ide kami tapi usulan dari Kemenpora," ujar Gatot dalam jumpa pers di Kantor Kemenpora, Selasa (01/08/17).

© Lanjar Wiratri/Indosport.com
Heru Joko (bobotoh) dan Ferry Indrasjarief, ketua Jakmania. Copyright: Lanjar Wiratri/Indosport.comHeru Joko (Bobotoh) dan Ferry Indrasjarief, Ketua Jakmania.

Selain untuk urusan makanan, Gatot berharap pertemuan antar perwakilan suporter, PSSI, dan Kepolisian nanti dapat menyepakati hal yang jauh lebih penting. Meninggalnya Ricko Andrean, salah satu Bobotoh yang dikeroyok, diharapkan menjadi pembelajaran dan refleksi agar nantinya dalam pertemuan tersebut muncul sebuah gagasan baru untuk mencegah hal yang sama tak terulang kembali.

"Acara tidak bertele-tele ada pembahasan kematian kemarin, Ricko (Bobotoh). Acara besok melibatkan perwakilan suporter sebanyak mungkin, perwakilan PSSI, dan perwakilan pimpinan Kepolisian RI, dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) kami tidak ingin ada bentrok lagi," tambahnya.

Sementara itu, PSSI yang diwakili oleh Sekjen, Ratu Tisha Destria, memuji langkah Kemenpora yang berinisiatif menggelar islah akbar lintas suporter. PSSI berjanji akan menindaklanjuti hasil Islah akbar dan merangkul para suporter agar kerusuhan yang menelan korban tak kembali terulang.

"Kami menyambut baik ada jumpa suporter indonesia dari Kemenpora. Suporter bagian penting dari dunia sepakbola Indonesia yang kini sedang tumbuh, suporter harus dirangkul oleh PSSI selaku stake holder dan dari pertemuan ini nanti akan ditindak lanjuti," ujar Tisha.

© Lanjar Wiratri/Indosport.com
Ferry Indrasjarief, ketua Jakmania Copyright: Lanjar Wiratri/Indosport.comFerry Indrasjarief, Ketua Jakmania, menyambut baik agenda islah antarsuporter.

Beberapa perwakilan suporter dari klub-klub lokal di antaranya, perwakilan penggemar Persija (Jakmania), juga turut hadir dan menyampaikan harapan dengan digelarnya Islah akbar yang digagas Kemenpora. Ketua Jakmania, Tauhid Indrasjarief, alias Bung Ferry menyambut baik keikutsertaan PSSI dan Kemenpora dalam upaya damai para kelompok suporter klub agar aksi anarkistis tak terjadi lagi.

"Saya berharap ini klimaks ini ungkapan simpati dari semuanya. Dari suporter yang sudah banyak meninggal dengan ada keterlibatan PSSI dan Kemenpora kita turun rembuk kelanjutan suporter indonesia bagaimana," ujar Bung Ferry.
 

744