Liga 1

Deretan Wasit Asing Tiba di Indonesia

Kamis, 3 Agustus 2017 15:26 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Paulo Sergio Moreira Goncalves saat berargumen kepada wasit. FOTO INDOSPORT/Herry Ibrahim. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Paulo Sergio Moreira Goncalves saat berargumen kepada wasit. FOTO INDOSPORT/Herry Ibrahim.

PSSI selaku induk federasi sepakbola Indonesia memang terus melakukan terobosan untuk memperbaiki kualitas liga di Indonesia. Kini untuk mewujudkan langkah tersebut, PSSI telah mendatangkan deretan wasit asing.

Nantinya para pengadil lapangan hijau ini akan mulai memimpin pertandingan di putaran kedua Gojek Traveloka Liga 1 2017. Kedatangan wasit ini pun diharapkan dapat meningkatkan kualitas perwasitan di Liga Indonesia.

© Petrus Manus Da Yerimon
Thoriq Alkatiri (tengah) wasit Indonesia yang berlisensi FIFA. Copyright: Petrus Manus Da YerimonThoriq Alkatiri (tengah) wasit Indonesia yang berlisensi FIFA.

Seperti diketahui, kualitas wasit Indonesia, seperti pernah disebutkan oleh George Cummings (mantan direktur wasit FIFA) yang sebelumnya sempat didatangkan oleh PSSI untuk pembenahan dan peningkatan kualitas wasit, mengatakan perlu untuk lebih ditingkatkan kualitasnya terlebih ini menyangkut kompetisi.

Kini wasit yang datang pada tahap pertama ini berasal dari negara anggota AFC, yaitu Australia dan Kyrgyzstan. Mereka yang datang telah mengantongi lisensi dari FIFA.

“PSSI berinisiatif untuk mendatangkan wasit asing. Australia dan Kyrgyzstan menjadi dua negara awal yang dipilih oleh PSSI untuk mengirimkan wasitnya agar bisa bekerja memimpin pertandingan di kompetisi Indonesia yang sedang berjalan saat ini. Yang jelas, mereka memiliki lisensi wasit dari FIFA,” ucap Ratu Tisha Destria, Sekretaris Jenderal PSSI.

“Di periode pertama, mereka akan datang tanggal 2 Agustus 2017 dan bertugas hingga tanggal 15 Agustus 2017. Untuk selanjutnya di periode kedua diperkirakan tanggal 16-28 Agustus 2017, berikutnya di periode ketiga tanggal 29-11 September 2017. Setiap periodenya kami menggunakan wasit dari negara yang berbeda,” beber dia.

PSSI akan menghadirkan dua set perangkat wasit, yang terdiri dari dua wasit utama dan empat asisten wasit untuk periode pemanggilan pertama. Dengan hadirnya wasit asing, PSSI menginginkan adanya perbaikan kualitas dan mutu pertandingan. Salah satunya adalah kinerja wasit dan perangkatnya. Dipakainya wasit asing selain untuk tujuan itu juga diharapkan bisa memberi pelajaran atau transfer ilmu dengan wasit lokal.

“Tidak berhenti sampai di situ, PSSI juga menekankan bahwa program penggunaan wasit asing akan mengarah kepada program pertukaran pada akhirnya,” tutup Tisha.

Berikut wasit asing yang tiba pada tahap pertama:
1. Australia

- Evans Shaun Robert 
- Brown Wilson Kenneth 
- Lakrindis George 
2. Kyrgyzstan
- Rysbek Sherkerbekov 
- Artem Skopintsev 
- Eldiiar Salybaev

1.6K