Bursa Transfer

Saga Transfer Neymar dan Peluang Mbappe ke Barcelona

Kamis, 3 Agustus 2017 09:54 WIB
Editor: Ramadhan
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kylian Mbappe vs Neymar. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kylian Mbappe vs Neymar.

Neymar jadi tajuk pemberitaan media seantero dunia pada Rabu (02/08/17) kemarin setelah resmi memutuskan untuk hengkang dari Barcelona di bursa transfer musim panas ini. Pihak Barcelona pun langsung mengeluarkan rilis resmi soal status Neymar, yang bakal dilepas sesuai buy-out clause.

Dalam pernyataan itu, Barcelona menyebut bahwa Neymar bersama sang ayah dan agennya sudah menyampaikan pada klub untuk pergi meninggalkan Camp Nou. El Barca pun menyebut nilai pelepasan Neymar mencapai 222 juta euro atau sekitar Rp3,5 triliun.

Di hari yang sama, Neymar juga sudah diizinkan oleh pelatih baru El Barca, Ernesto Valverde untuk tidak ikut latihan bersama tim karena akan mengurusi proses transfernya. Namun, ia tetap mengunjungi tempat latihan untuk berpamitan dengan rekan-rekannya di Barcelona.

© Indosport
Neymar dan Angel Di Maria dalam pertandingan Liga Champions. Copyright: IndosportNeymar dan Angel Di Maria dalam pertandingan Liga Champions.

Saga transfer Neymar memang bakal kembali memecahkan rekor transfer pemain termahal dunia, yang sebelumnya dipegang bintang Man United, Paul Pobga dengan nilai 89 juta poundsterling atau senilai Rp1,5 triliun. Tak hanya itu, kepergian Neymar dari Barcelona juga akan menimbulkan efek domino bagi pergerakan pemain bintang lainnya di bursa transfer kali ini.

Bahkan, seperti dilansir ESPN FC, wonderkid AS Monaco, Kylian Mbappe dikabarkan langsung menyatakan ingin hengkang dari klubnya tak lama setelah ramai pemberitaan kepergian Neymar. Kabar ini seolah saling bersambut dan keduanya siap-siap bersaing dalam saga transfer dengan nilai selangit.

© Indosport
Lionel Messi dan Neymar. Copyright: IndosportLionel Messi dan Neymar.

Adalah media Prancis, L'Equipe yang melaporkan berita itu pada hari Rabu (02/08/17) kemarin. Menariknya, keputusan soal bakal hengkangnya Mbappe pun seperti jadi kode bagi Barcelona, yang diyakini bakal jadi klub terdepan yang mendapatkan pemain berusia 18 tahun itu.

Memang sebelumnya, Mbappe lebih sering dikaitkan dengan rival Barcelona, Real Madrid. Bahkan, Marca pernah melaporkan bahwa Madrid sudah mencapai kesepakatan dengan Mbappe, meski akhirnya kabar teresbut dengan cepat langsung dibantah oleh pihak Monaco.

Di sisi lain, keinginan Barcelona untuk segera mendatangkan Mbappe pun dirasa tak salah dan justru datang pada waktu yang tepat. Apalagi, El Barca bakal segera mendapatkan dana segar yang melimpah dari hasil penjualan Neymar ke raksasa Ligue 1 Prancis, PSG.

© INDOSPORT
Peyerang AS Monaco, Kylian Mbappe. Copyright: INDOSPORTPenyerang AS Monaco, Kylian Mbappe.

Secara hitung-hitungan peluang, Barcelona pun akan masuk sebagai pihak baru yang lebih punya kesempatan besar untuk memboyong Mbappe ke Camp Nou di musim panas ini juga. Dana sebesar 222 juta euro dari penjualan Neymar bisa dimanfaatkan El Barca untuk membeli Mbappe.

Kesempatan Barcelona untuk mencari pengganti sepadan Neymar pun datang di waktu yang pas. Pasalnya, kini Blaugrana tak memiliki waktu yang banyak untuk segera menemukan suksesor Neymar, setelah tarik ulur yang cukup lama soal spekulasi pemain berusia 25 tahun itu dalam beberapa minggu terakhir.

Secara gaya bermain, Mbappe akan menjadi pengganti yang hebat di lini depan Barcelona. Layaknya Neymar, Mbappe juga kerap beroperasi di sisi sayap kiri dan melakukan cutting inside ke dalam kotak penalti lawan untuk kemudian melakukan eksekusi dengan kaki kanannya.

© Twitter @SquawkaNews
Caption Copyright: Twitter @SquawkaNewsBintang muda AS Monaco, Kylian Mbappe.

Memang, Mbappe lebih sering bermain sebagai striker bersama AS Monaco di sepanjang musim lalu. Namun, pergerakan fleksibel Mbappe dan kemampuan dribbling-nya yang di atas rata-rata diyakini bakal membuat lini depan El Barca sama mengerikannya seperti di era trio MSN (Messi, Neymar, Suarez).

Merayu Monaco untuk melepas Mbappe dalam waktu yang cukup singkat memang bakal sulit bagi Barcelona. Apalagi Mbappe berstatus pemain bintang di skuat Monaco, yang perannya tak tergantikan. Hanya ada satu pilihan mendesak bagi Barcelona; mendesak Monaco melepas Mbappe dengan iming-iming harga di bawah atau bahkan setara Neymar.

Lalu, seberapa besar peluang Mbappe bergabung dengan Barcelona di tengah saga transfer Neymar? Menarik dinanti!

2.2K