Liga 1

8 Fakta Menarik di Pesta Kemenangan Persib vs PS TNI

Minggu, 6 Agustus 2017 08:34 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
 Copyright:

Laga perdana Persib Bandung di paruh kedua Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia 2017 berakhir dengan manis. Berlaga di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Pangeran Biru sukses raih kemenangan 3-1 atas tamunya, PS TNI.

Dua gol Raphael Maitimo masing-masing menit 16 dan 65, serta satu gol tambahan dari Michael Essien menit 21 hanya mampu dibalas satu kali oleh The Army, julukan PS TNI. Sansan Fauzi Husaeni mampu memperkecil kekalahan jelang laga berakhir, tepatnya menit 90.

Herrie Setiawan sebagai juru taktik memainkan gelandang sayap kanan, Febri Hariyadi, sebagai penyerang. Ini dilakukan lantaran kosongnya stok pemain depan kecuali Shohei Matsunaga yang dibangkucadangkan.

Kemenangan tersebut menjadi pelepas dahaga bagi Bobotoh, pendukung Persib Bandung, yang telah lama merindukan kemenangan. Selain itu, tersiar juga kabar bahwa ini menjadi laga terakhir coach Herrie sebagai caretaker.

INDOSPORT mencatat ada sedikitnya delapan fakta menarik di balik pesta kemenangan 3-1 Persib atas PS TNI malam kemarin. Berikut ulasannya:

Pertama Kali Dipimpin oleh Wasit Asing

© Indosport/Gita Agiet
Laga Persib melawan PS TNI akan dipimpin oleh Shaun Evans. Copyright: Indosport/Gita AgietLaga Persib melawan PS TNI akan dipimpin oleh Shaun Evans.

Persib Bandung vs PS TNI menjadi pertandingan pertama di Liga 1 Indonesia 2017 yang dipimpin oleh wasit asing. Wasit tampan asal Australia, Shaun Evans, dibantu dua rekannya, George Lakindris dan Wilson Brown mencuri perhatian dengan aksinya di antara 22 pemain dari kedua kesebelasan.

Performanya pun dinilai oke ditimbang dari sejumlah faktor teknis. Selama 90 menit pertandingan, laga berjalan relatif 'lancar', tidak banyak lahir protes berlebihan dan tentunya kisruh antar pemain, ofisial, dan penonton.

Sayang, di pekan ke-20 dan seterusnya, belum dapat dipastikan Shaun cs bakal terus menjadi wasit di Liga 1 atau tidak. Sebab, PSSI hanya mengontrak wasit asing hingga tanggal 15 Agustus saja, meski ada kemungkinan poyek ini dilanjutkan.

"Periode kedua diperkirakan 16-28 Agustus 2017 dan periode ketiga 29-11 September 2017. Kami akan menggunakan wasit dari negara yang berbeda,'' ujar Tisha dikutip dari laman resmi PSSI.

Comeback Purwaka Yudhi

© Muhammad Ginanjar/Indosport.com
Purwaka Yudhi kembali untuk membela Persib Bandung. Copyright: Muhammad Ginanjar/Indosport.comPurwaka Yudhi kembali untuk membela Persib Bandung.

Salah satu penggawa 'anyar' Persib Bandung, Purwaka Yudhi, bisa jadi adalah pemain paling bahagia malam itu. Masuk di menit ke-78 sekaligus menandakan comeback-nya usai absen panjang.

Mantan pemain Petrokimia Putra dan Deltras Sidoarjo itu akhirnya kembali ke rumput hijau setelah menggantikan bek kanan Henhen Herdiana.

Sebelumnya, ia harus istirahat lama nyaris satu tahun akibat cedera lutut kiri yang ia dapatkan di Torabika Soccer Championship 2016. Ketika itu ia juga berseragam Persib.

2.3K