Liga 1

'Persija Dikalahkan Gol Offside dan Wasit'

Minggu, 6 Agustus 2017 23:36 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Persija Jakarta
Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco. Copyright: © Persija Jakarta
Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco.

Rekor tak terkalahkan pada 12 pertandingan Persija Jakarta berhenti di tangan Barito Putera. Memainkan laga pekan ke-18 Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Minggu, (06/08/17), tim berjuluk Macan Kemayoran itu kalah tipis 0-1 dari Barito Putera.

Gol semata wayang Laskar Antasari, julukan Barito, dicetak oleh Muhammad Rifqi pada menit ke-57. Memanfaatkan bola muntah tandukan dari rekan setimnya, pemain bernomor punggung lima itu berhasil menceploskan bola mudah ke gawang kiper Persija, Andritany Ardhiyasa.

© Instagram @liga1match
Hasil laga Barito Putera vs Persija Jakarta Copyright: Instagram @liga1matchHasil laga Barito Putera vs Persija Jakarta.

Pasca pertandingan, pelatih Macan Kemayoran, Stefano Cugurra Teco menganggap gol Rifqi seharusnya tidak sah. Pasalnya, sang pemain dinilai telah berada dalam posisi offside.

“Hari ini kita bukan kalah melawan Barito. Akan tetapi, kita kalah dari wasit. Dia mengesahkan gol yang seharusnya offside ini,” ucap Teco pada sesi jumpa pers usai laga, Minggu, (06/08/17).

Dalam tayangan ulang, posisi Rifqi memang bebas tidak dalam penjagaan pemain Macan Kemayoran. Namun, wasit Oki Dwi Putra Senjaya bersama asistennya mengesahkan gol kemenangan Laskar Antasari tersebut.

Padahal sedari awal, Persija telah mempersiapkan tim sekuat mungkin. Namun, hasil berkata lain. Bermain tanpa Rohit Chand, lini tengah Macan Kemayoran bak kucing kehilangan induknya.

“Kita datang ke sini baru kalah sekali saja dan menang beberapa kali. Kita menghormati lawan dengan membawa pemain yang berkualitas dan dengan suasana tim yang sedang baik,” terang arsitek asal Brasil itu.

© Persija Jakarta
Teco memberi keterangan dalam konferensi pers pasca laga Barito vs Persija. Copyright: Persija JakartaTeco memberi keterangan dalam konferensi pers pasca laga Barito vs Persija.

Kekalahan dari Barito ini pun membuat Persija tidak beranjak di klasemen sementara Liga 1. Klub yang identik dengan warna oranye itu masih berada di peringkat enam dengan torehan 28 poin.

Berikutnya, Persija sendiri dijadwalkan melakoni laga kandang menjamu Persiba Balikpapan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi pada Sabtu (12/08/17) mendatang.

2.1K