Liga 1

Hartono Beberkan Rahasia Hancurkan Rekor Kandang Borneo

Senin, 7 Agustus 2017 04:51 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Pelatih sementara Sriwijaya FC, Hartono Ruslan. Copyright: © Muhammad Effendi/INDOSPORT
Pelatih sementara Sriwijaya FC, Hartono Ruslan.

Kemenanga mengejutkan berhasil diraih Sriwijaya FC dalam laga perdana putaran kedua Gojek Traveloka Liga 1. Bagaimana tidak, melakoni laga tandang menghadapi Borneo FC di Stadion Segiri pada Sabtu (05/08/17) lalu, Laskar Wong Kito sukses merebut kemenangan tipis 1-0.

Satu-satunya gol yang terjadi dalam pertandingan itu sendiri diciptakan oleh Alberto Goncalves saat pertandingan hanya menyisakan satu menit waktu normal.

© Muhammad Effendi/Indosport.com
Caretaker pelatih SFC, Hartono Ruslan. Copyright: Muhammad Effendi/Indosport.comHartono mengaku hanya memberi instruksi sederhana pada para pemainnya saat mengalahkan Borneo FC.

Selain memberi asupan tiga poin bagi Sriwijaya, gol Beto itu sendiri sekaligus mengakhiri catatan positif Pesut Etam yang sebelumnya selalu menyapu bersih tujuh laga kandang terakhir dengan kemenangan.

Keberhasilan Sriwijaya yang mampu menang tipis atas tuan rumah tersebut tentu tak lepas dari racikan jitu sang arsitek permainan mereka, Hartono Ruslan. Sosok yang menggantikan Osvaldo Lessa itu pun secara blak-blakan membocorkan taktik yang ia gunakan saat menghadapi Borneo.

"Kita minta pemain bermain simpel, bertahan dan menyerang cepat, sudah itu saja. Jangan pikir yang lain," katanya.

"Kalaupun bola masuk ke pertahanan SFC, hanya terjadi karena mereka melakukan umpan long," tambahnya menjelaskan.

Kemenangan atas Borneo itu sendiri membuat posisi Sriwijaya di klasemen sementara Liga 1 naik dua peringkat. Sebelumnya, klub yang identik dengan warna kuning tersebut berada di peringkat 15, namun kini berada di peringkat 13 dengan torehan 24 poin.

© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Hilton Moreira dan rekan-rekannya di Sriwijaya berlatih jelang laga melawan Arema FC. Copyright: Muhammad Effendi/INDOSPORTSriwijaya kini berada di peringkat 13 klasemen sementara Liga 1.

Tak hanya memberi poin, kesuksesan Sriwijaya mempecundangi Borneo di hadapan pendukungnya sendiri menjadi langkah manis bagi Sriwijaya untuk memperbaiki rekor laga tandangnya.

Ya, sejak 21 Mei 2017 lalu, Sriwijaya sebelumnya tercatat nihil kemenangan di lima laga tandang terakhir. Hasil terbaik yang mereka capai adalah skor imbang 1-1 kala menghadapi Gresik United di pekan ke-17 Liga 1.

174