Pemain-pemain Asing Korban Kerasnya Liga 1 Indonesia 2017

Senin, 7 Agustus 2017 14:39 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kiri-kanan: Anmar Almubaraki, Carlton Cole, Didier Zokora. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kiri-kanan: Anmar Almubaraki, Carlton Cole, Didier Zokora.

Gojek Traveloka Liga 1 Indonesia edisi 2017 telah sampai di paruh musim. Ditandai dengan dibukanya jendela transfer putaran kedua, Bali United tempel Madura United di papan klasemen.

Keberhasilan Madura United keluar sebagai juara paruh musim tak lepas dari performa impresif pemain asingnya, Peter Odemwingie. Mantan striker Stoke City itu keluar sebagai top skor paruh musim dengan 13 gol, sama dengan Sylvano Comvalius.

Pemain asing lain seperti Alberto Goncalves (Sriwijaya FC) dan Fabiano Beltrame (Madura United) yang sudah lama malang melintang di sepakbola Indonesia juga tetap menunjukkan grafik stabil cenderung apik. Pihak klub pun puas dan posisi pemain-pemain tersebut aman hingga pekan ke-18.

Namun demikian, nasib buruk menimpa pemain asing lain. Dane Milovanovic misalnya, terpaksa dilepas manajemen Laskar Sape Kerrab untuk penyembuhan kejiawaan yang dialaminya.

© jawapos.com
Helder Lobato Ribeiro. Copyright: jawapos.comHelder Lobato Ribeiro.

Boubacar Sanogo, Thiago Cunha, dan Helder Lobato Ribeiro juga dicoret karena alasan yang beragam. Ribeiro bisa jadi paling miris, sebab baru juga merasakan dua pertandingan berbaju Borneo FC, bek asal Brasil berusia 29 tahun itu sudah dilepas cuma-cuma.

Striker asing lainnya, Luis Carlos Junior juga dilepas oleh Persija Jakarta pada bursa transfer putaran kedua Gojek Traveloka Liga 1. Tim Macan Kemayoran secara resmi telah mengonfirmasi terkait berakhirnya kerja sama dengan pemain 27 tahun itu.

Hal itu diketahui melalui posting-an di akun Instagram Luis Junior. Pemain asal Brasil itu menjelaskan kalau ia bakal meninggalkan Indonesia dan akan kembali suatu waktu nanti.

"Terima kasih buat Persija. Pemain dan The Jakmania, mohon maaf bila saya ada kesalahan. Saya selalu berdoa buat Persija juara, Amin. Terima kasih buat Indonesia. Saya pergi pulang untuk kembali bermain di Indonesia," tulis Luis di Instagram-nya, @juniorcaetano10.

Kepergian Luis Junior dari Persija, disinyalir tidak lepas dari akan datangnya legiun asing anyar, Kamil Pozniak. Gelandang serang asal Polandia ini sudah beberapa kali ikut serta dalam sesi latihan, meski belakangan berita yang berkembang mengklaim jika Pozniak batal membela Macan Kemayoran.

INDOSPORT merangkum beberapa nama pemain asing yang harus rela didepak atau dicoret dari timnya karena kerasnya persaingan di Liga 1. Berikut ulasannya:

984