Piala Super Eropa

Gagal Juara Usai Dibekuk Madrid, MU Tetap Ukir 3 Rekor

Rabu, 9 Agustus 2017 09:00 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Manchester United harus mengakui ketangguhan raksasa Spanyol, Real Madrid pada laga Piala Super Eropa yang berlangsung di Telekom Arena, Macedonia, Rabu (09/08/17) dini hari WIB. Pada laga itu, The Red Devils kalah dengan skor 1-2 dari Los Blancos.

Dua gol El Real masing-masing dicetak oleh Casemiro di menit ke-24 dan Isco di menit ke-52. United sendiri baru berhasil memperkecil kedudukan 10 menit setelah gol Isco dan gol semata wayang United itu dicetak oleh striker anyar mereka, Romelu Lukaku.

© Twitter/@ChampionsLeague
Real Madrid vs Man United. Copyright: Twitter/@ChampionsLeagueReal Madrid vs Man United.

Kekalahan tersebut pun membuat United gagal meraih gelar juara di pembuka musim 2017/18 ini. Sekadar informasi, pada laga itu Mourinho menerapkan skema tiga bek (3-5-2) dengan trio Chris Smalling, Matteo Darmian, dan Victor Lindelof di sektor belakang.

Sementara lapangan tengah diisi oleh Nemanja Matic, Paul Pogba, Ander Herrera, Jesse Lingard, dan Antonio Valencia. Lalu di lini depan ada Henrikh Mkhitaryan dan Romelu Lukaku.

© INDOSPORT
Pelatih Man United, Jose Mourinho memberikan arahan kepada tim besutannya saat sedang water break. Copyright: INDOSPORTPelatih Man United, Jose Mourinho memberikan arahan kepada tim besutannya saat sedang water break.

Real Madrid sendiri bermain dengan skema 4-3-3 dengan mengandalkan Isco, Karim Benzema, dan Gareth Bale di lini depan. Lini tengah Los Blancos diisi Luka Modric, Casemiro, dan Toni Kroos. Sedangkan Ronaldo baru bermain di menit ke-83 menggantikan Benzema.

Meski akhirnya gagal juara, United tetap mengukir rekor di gelaran Piala Super Eropa, ya meski bukanlah rekor yang mentereng. Rekor apa saja itu? Berikut INDOSPORT merangkum sejumlah rekor yang diukir Man United usai dikalahkan Los Blancos dan gagal juara di Piala Super Eropa 2017.

1. Man United jadi klub Inggris pertama yang tampil di Piala Super Eropa dalam empat tahun terakhir. Sebelumnya pada Piala Super Eropa edisi 2013 lalu, Chelsea tampil di Piala Super Eropa meski akhirnya gagal juara karena dikalahkan Bayern Munchen.

© Twitter/@ChampionsLeague
Real Madrid vs Man United. Copyright: Twitter/@ChampionsLeagueReal Madrid vs Man United.

2. Jose Mourinho jadi pelatih pertama yang berhasil membawa tiga klub Eropa berbeda tampil di Piala Super Eropa. Tiga tim yang dilatih Mourinho itu adalah FC Porto (2003), Chelsea (2013), dan Man United (2017).

3. Man United memperpanjang derita klub-klub asal Inggris yang gagal juara di Piala Super Eropa dalam sembilan tahun terakhir. Pada edisi 2008, United dikalahkan Zenit St Petersburg, lalu Chelsea dipecundangi Atletico Madrid pada 2012, kemudian Chelsea kembali gagal pada edisi 2013 usai dikalahkan Bayern Munchen.

4K