SEA Games 2017

'Bakar' Semangat, Menpora Ingatkan Timnas Jangan Terpancing Provokasi Malaysia

Jumat, 25 Agustus 2017 20:04 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Setelah Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, yang memberikan semangat untuk para pemain Timnas Indonesia jelang laga melawan Malaysia, kini giliran Menpora, Imam Nahrawi. Pria yang akrab disapa Cak Imam itu memberikan petuah-petuah penting untuk para pemain Timnas Indonesia.

Tak hanya itu, Cak Imam juga mengingatkan para pemain Timnas agar dapat menjaga emosi saat menghadapi Malaysia di Stadion Shah Alam, Selangor, Sabtu (26/08/17) besok. Menpora percaya jika Evan Dimas dkk akan mendapatkan tekanan hingga provokasi dari pemain atau suporter tuan rumah yang tentunya akan memadati stadion.

“Jangan emosi atau terpancing dengan bentuk provokasi lawan. Saya ingin pemain tidak mudah mendapatkan kartu, harus betul-betul mampu menjaga diri, perasaan, mental, dan gangguan intimidasi dari tuan rumah,” kata Imam Nahrawi seperti dilansir dari Antara.

© INASGOC
Pemerintah Malaysia minta maaf ke Indonesia. Copyright: INASGOCPemerintah Malaysia minta maaf ke Indonesia.

Ia menjelaskan, babak semifinal ini merupakan momentum yang tepat untuk bangkit dan merebut medali emas dari cabang olahraga paling bergengsi tersebut.

Dirinya juga meminta para pemain jangan jemawa dengan keberhasilan melaju ke babak semifinal. Apalagi pencapaian saat ini belum apa-apa dan masih membutuhkan fokus serta kerja keras demi meraih medali emas SEA Games 2017.

Dalam kesempatan tersebut, Cak Imam juga meminta seluruh masyarakat untuk memberikan dukungan dan doanya atas perjuangan Timnas demi meraih prestasi terbaik.

© Twitter@imam_nahrawi
Imam Nahrawi tengah berbicara dengan Evan Dimas usai pertandingan. Copyright: Twitter@imam_nahrawiImam Nahrawi tengah berbicara dengan Evan Dimas usai pertandingan.

“Ini (semifinal) merupakan momentum yang betul-betul harus dimanfaatkan. Kita harus melwati fase ini dan yang pasti kita harus mampu mengalahkan Malaysia,” ujarnya.

Sementara itu, sejumlah ormas Indonesia di Malaysia meminta para suporter kedua negara sama-sama tidak terprovokasi sehingga bisa menimbulkan kericuhan pada laga semifinal tersebut.

Laga semifinal tersebut dibayang-bayangi kekhawatiran terulangnya keributan yang terjadi dalam laga penyisihan grup Piala AFF 2012 silam di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

© Dokumentasi PSSI
Penggawa Timnas Indonesia dengan khidmat menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum kick off. Copyright: Dokumentasi PSSIPenggawa Timnas Indonesia dengan khidmat menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum kick off.

Kala itu terjadi banyak pemukulan sehingga banyak WNI dan tokoh masyarakat menjadi korban, kata Sekretaris Badan Perwakilan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Malaysia, Tengku Adnan.

Selain itu, Ketua I Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Malaysia, Rizky Amrillah mengatakan dirinya berharap teman-teman perwakilan tetap mendukung dan memberikan semangat kepada Timnas. Hal senada juga dikatakan Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Muslim Indonesia (Forkommi) Kuala Lumpur Arip Darmawan yang mengharapkan agar suporter Indonesia berhati-hati.