Tanpa Uji Coba Internasional, Timnas U-16 'Pede' Hadapi Kualifikasi Piala AFC U-16

Jumat, 25 Agustus 2017 20:54 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Rizky Pratama Putra
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Uji coba Timnas U-16 vs Patriot Candrabhaga Bekasi. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Uji coba Timnas U-16 vs Patriot Candrabhaga Bekasi.

Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 telah di depan mata. Namun sejauh ini, Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 belum mengagendakan uji coba internasional.

Memang, empat pertandingan latih tanding yang sudah dilakoni pasukan Fakhri Husaini. Namun, belum ada satu pun laga uji coba melawan Timnas negara lain.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Uji coba Timnas U-16 vs Patriot Candrabhaga Bekasi. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTUji coba Timnas U-16 vs Patriot Candrabhaga Bekasi.

Fakhri tidak pusing akan hal itu. Buatnya, skuat asuhannya telah cukup memainkan pertandingan uji coba luar negeri. Yaitu, ketika menjuarai turnamen Tien Phong Plastic Cup 2017 di Vietnam pada Juni 2017 lalu.

“Ya, kami sudah uji coba di Vietnam dan itu sudah cukup. Tetapi penting bagi kami terutama untuk anak-anak terutama soal aspek taktik, fisik, dan mental karena sebelum bertanding atas nama negara penting untuk melakoni uji coba,” ujar Fakhri ketika ditemui di Lapangan Atang Soetrisna, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (25/08/17).

© Dewo/PSSI
Fakhri Husaini saat menyusun formasin bersama dua pemain Timnas U-16. Copyright: Dewo/PSSIFakhri Husaini saat menyusun formasi bersama dua pemain Timnas U-16.

Fakhri menerangkan, kali ini dirinya tidak pilah-pilih lawan untuk diajak beradu kekuatan. Bila pun nihil partai latih tanding, arsitek berusia 52 tahun itu memilih legawa.

“Kalau kemarin saya pilih-pilih lawan sekarang ya terserah siapa saja lawannya yang penting ada uji coba entah itu lokal seperti lawan barusan yang secara fisik lebih kuat, umur di atas kita dan ini bagus dan kalau sulit mendapatkan uji coba ya tidak apa-apa.” Kata Fakhri.

Rendy Juliansyah dan kolega akan bertempur pada Kualifikasi Piala Asia U-16 2018, mulai 16-24 September 2017. Garuda Asia, julukan Timnas U-16, berada satu grup dengan tuan rumah Thailand, Laos, Timor Leste, dan Kepualauan Mariana Utara.

1.7K