SEA Games 2017

Pujian yang Tersisa Usai Penampilan Heroik Timnas Indonesia vs Malaysia

Minggu, 27 Agustus 2017 18:04 WIB
Editor: Ramadhan
© Dokumentasi PSSI
Penggawa Timnas Indonesia dengan khidmat menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum kick off. Copyright: © Dokumentasi PSSI
Penggawa Timnas Indonesia dengan khidmat menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum kick off.

Timnas Indonesia U-22 boleh saja kalah dari tuan rumah Malaysia dengan skor tipis 0-1 pada laga semifinal cabor sepakbola SEA Games 2017. Namun, Skuat Garuda Muda sudah memberikan penampilan terbaik di sepanjang laga yang berlangsung di Stadion Shah Alam, Selangor.

Badan Perwakilan KNPI Malaysia bahkan memuji pertandingan sepakbola Indonesia lawan Malaysia Sabtu (26/08/17) malam kemarin, yang berlangsung kondusif.

"Indonesia dan Malaysia telah menunjukkan kerukunan serta kematangan dalam pertandingan,” ujar Sekretaris Badan Perwakilan KNPI Malaysia Tengku Adnan di Kuala Lumpur seperti dilansir Antara.

© Indosport,com
Sundulan Thanabalan Nadarajah (Malaysia) saat menjebol gawang Timnas Indonesia U-22 di semifinal SEA Games 2017 (26/8/17). Copyright: Indosport,comSundulan Thanabalan Nadarajah (Malaysia) saat menjebol gawang Timnas Indonesia U-22 di semifinal SEA Games 2017 (26/8/17).

Dia mengatakan kematangan ini dibuktikan dengan suasana yang sangat kondusif antar pemain dan pendukungnya yang saling menjaga dan menghormati satu sama lain.

“Sehingga dapat dikatakan bahwa kita telah mencapai peningkatan ketamadunan atau hubungan secara madani dalam hubungan persahabatan dua negara,” lanjutnya.

Meskipun Garuda Muda kalah 0-1 di tangan Harimau Muda Malaya, tetapi sang pemenang membuktikan kedewasaannya dengan merangkul dan memeluk Garuda Muda layaknya sebagai sebuah keluarga.

© Indosport,com
Thanabalan Nadarajah (Malaysia). Copyright: Indosport,comThanabalan Nadarajah (Malaysia).

“Sebagai pendukung Garuda Muda tentunya kita merasa sedih dan pilu atas kekalahan ini tetapi kita juga harus menghargai jerih payah mereka yang telah berjuang sekuat tenaga untuk membanggakan kita semua bangsa Indonesia,” tandasnya.

Dia juga mengatakan upaya Dubes RI di Malaysia, Rusdi Kirana harus diacungi jempol karena sanggup mengeluarkan uang pribadinya untuk mengerahkan suporter Indonesia dengan memberikan tiket gratis. Sudah tentu ini juga jadi suntikan semangat kepada para suporter untuk selalu setia mendukung Timnas Indonesia.

© @pssi__fai
Kegembiraan penggawa Timnas Indonesia usai kalahkan Timnas Filipina. Copyright: @pssi__faiKegembiraan penggawa Timnas Indonesia usai kalahkan Timnas Filipina.

Pada kesempatan yang sama, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur, Prof Dr Ari Purbayanto mengatakan agar para pemain Timnas Indonesia tetap semangat meskipun kali ini kalah.

"Timnas U22 telah bermain sangat baik, hanya saja belum beruntung menang. Kita siapkan tenaga dan pikiran untuk ASIAN Games di Jakarta nanti," katanya.

2.4K