SEA Games 2017

Cairnya Suporter Indonesia dan Malaysia di Semifinal SEA Games 2017

Minggu, 27 Agustus 2017 01:20 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Arum/INDOSPORT
Suasana suporter di sekitar Stadion Shah Alam. Copyright: © Arum/INDOSPORT
Suasana suporter di sekitar Stadion Shah Alam.

Tim Nasional Indonesia U-22 telan pil pahit usai kandas di tangan Malaysia dengan skor 0-1. Kesedihan dirasakan semua pemain, tak terkecuali suporter Timnas yang hadir di Stadion Shah Alam, tempat berlangsungnya semifinal SEA Games 2017.

Sempat ada kecemasan soal keamanan, beruntung tak terlihat adanya gesekan di sekitar stadion baik sebelum, selama, dan sesudah laga. Sebaliknya, banyak kejadian unik yang terekam, seperti dilaporkan Arum Kusuma Dewi dari INDOSPORT di Stadion Shah Alam.

Ribuan penonton Indonesia yang tak mendapatkan tiket bisa menonton dari luar stadion. Warna merah mendominasi, meski ada beberapa suporter Malaysia di sekitar stadion.

© twitter@KL2017
Suporter Timnas Indonesia dan Malaysia melakukan foto bersama. Copyright: twitter@KL2017Suporter Timnas Indonesia dan Malaysia melakukan foto bersama.

Usai pertandingan selesai, perlahan penonton dari dalam stadion pun keluar dengan tertib. Suporter Malaysia yang terbuai dengan kemenangan tidak lebay dalam merayakan kemenangan, dan fans Indonesia, meskipun sedih, juga tak terprovokasi.

Suporter Indonesia lalu terpecah menjadi kelompok-kelompok kecil, sebagian menunggu transportasi umum, sebagian lagi berjalan ke lokasi tujuan masing-masing, taki sedikit pula yang masih ingin menikmati malam di Shah Alam.

Kejadian unik terjadi ketika fans Malaysia yang berpapasan dengan suporter Timnas memberikan semangat. Suporter Timnas yang tengah menunggu transportasi umum diberikan semangat agar tidak kecewa dengan hasil minor terserbut.

© Arum Kusuma Dewi/INDOSPORT
Srikandi suporter Indonesia di Malaysia. Copyright: Arum Kusuma Dewi/INDOSPORTSrikandi suporter Indonesia di Malaysia.

"jangan kecewa yaa, semangat yaaa," kata suporter tuan rumah lewat jendela mobil kepada pendukung Indonesia.

Suasana semakin cair ketika beberapa kelompok suporter Timnas meramaikan suasana dengan tabuhan bass drum sembari menyanyian eta terangkanlah yang sedang populer itu.

Melihat tingkah lucu pendukung Indonesia, beberapa fans Malaysia yang melihat lantas tersenyum dan tertawa bareng-bareng. Mereka juga meminta berfoto bersama, baik dari Malaysia yang meminta, mau pun sebaliknya.

Kedua belah suporter mungkin akan kembali berjumpa hari Selasa, 29 Agustus mendatang di Stadion Bukit Jalil. Empat tim, yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Myanmar masih menyisakan satu lagi laga penentuan.

Indonesia menghadapi Myanmar di perebutan medali perunggu, sedangkan Thailand berhadapan dengan Malaysia demi medali emas SEA Games 2017.

879