Piala AFF U-18

Berjuang di Piala AFF U-18, Siapa Kapten Timnas U-19?

Selasa, 29 Agustus 2017 08:01 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Rizky Pratama Putra
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 saat membobol gawang PSS Sleman. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 saat membobol gawang PSS Sleman.

Perhelatan Piala AFF U-18 2017 Semakin dekat. Turnamen itu bakal berlangsung di Myanmar pada 4-17 September mendatang.

Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 berada di Grup B bersama Myanmar, Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam. Satu tim lagi, yaitu Selandia Baru memutuskan untuk mundur tanpa sebab.

Armada Indra Sjafri akan melakoni pertandingan pertama melawan tuan rumah Myanmar pada 5 September 2017 di Stadion Thuwunna, Yangon. Saat ini, Egy Maulana Vikri dan kolega tengah melakukan persiapan tahap akhir di Lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang.

© twitter.com/TournoiToulon
Egy Maulanan Vikri dikepung dua pemain Brasil U-20. Copyright: twitter.com/TournoiToulonEgy Maulanan Vikri dikepung dua pemain Brasil U-20.

Indra menjelaskan bahwa dirinya belum dapat memastikan siapa sosok yang cocok untuk dijadikan pemimpin skuat asuhannya di atas lapangan. Akan tetapi, dia membocorkan tiga nama sedang dipertimbangkan.

"Soal kapten, nanti kita akan pilih. Tapi kita ada beberapa calon. Ada Rahmat Irianto, Egy, dan satu kiper nanti kita tentukan," kata Indra di lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Senin (28/08/17).

"Yang jelas, kapten, satu, bisa memimpin teman-temannya di dalam serta luar lapangan, dan bisa menjadi contoh," jelasnya.

© Indosport/Ian Setiawan
Rachmat Irianto saat berlatih bersama Timnas U-19. Copyright: Indosport/Ian SetiawanRachmat Irianto saat berlatih bersama Timnas U-19.

Menghadapi Myanmar di laga perdana, Garuda Nusantara, julukan Timnas U-19, akan bertolak pada H-2 pertandingan. Saat ini, mereka fokus untuk mematangkan taktik serta sedikit mengintip permainan calon lawan.

"Tanggal 2 September kita berangkat. Jadi kita minggu ini kita menjaga kondisi yang sudah kita dapatkan dan mematangkan taktikal kita terutama kita akan merancang bagaimana kita melawan Myanmar. Seminggu terakhir ini kita sudah melihat video mereka, kita ingin fokus dahulu di pertandingan pertama. Karena bagaimanapun pertandingan pertama penting untuk laga selanjutnya," pungkas mantan pelatih Bali United itu.

Timnas U-19 sendiri akan diperkuat oleh 2 jebolan Timnas U-22 yang berlaga di SEA Games 2017. Saddil Ramdani dan Asnawi Mangkualam Bahar akan bergabung dengan skuat pada tanggal 31 Agustus 2017 mendatang.

2.3K